Harga 1 Lot Saham BCA: Keuntungan Dan Cara Membelinya

harga 1 lot saham bca

Saham BCA merupakan salah satu jenis saham yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tidak heran jika masyarakat umum dapat membeli saham tersebut kemudian menjualnya kembali sesuai keinginan. Akan tetapi, pastikan dahulu mengetahui kisaran harga 1 lot saham BCA.

Harga 1 lot saham BCA tentunya berbeda-beda tiap tahunnya, hal ini berdasarkan harga per lembar saham nya. Pada tahun 2009 lalu, harga tertinggi saham BCA ialah  5.500. Namun pada tahun ini, harga per lembar saham justru mengalami kenaikan yakni 36.025 dan akan terus naik.

Lot merupakan satuan khusus yang telah ditetapkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk tiap transaksi jual beli saham. Perhitungan 1 lot saham sendiri ialah 100 lembar. Jadi setiap 100 lembar saham, maka itu dikatakan 1 lot saham baik untuk transaksi jual ataupun beli.

Ketika ingin bertransaksi saham, maka seorang investor wajib membeli atau menjual minimal 1 lot saham. Sebelum dunia penanaman modal ada di Indonesia, 1 lot saham ialah 500 lembar. Namun, pada tanggal 6 Januari 2014, BEI mengeluarkan peraturan baru untuk 1 lot saham yakni 100 lembar.

Nah bagi anda semua para investor pemula yang ingin membeli saham BCA namun tidak tau harga 1 lot saham BCA nya, tidak perlu khawatir. Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan secara detail mengenai harga 1 lot saham BCA beserta cara membeli saham nya.

Berapa Harga 1 Lot Saham BCA?

harga 1 lot saham bca terbaru

Seperti yang Anda ketahui, saham PT BCA atau Bank Central Asia Tbk saat ini resmi diperdagangkan. Oleh sebab itu, apabila ingin berinvestasi saham tersebut usahakan untuk mencari tahu harga terbarunya. Pasalnya, perusahaan tersebut sudah memperoleh persetujuan jadwal stock split resmi dari BEI.

Baca Juga: Cara Bermain Saham Untuk Pemula

Untuk nominal setelah stock split ini sendiri sebesar Rp 12,5 sementara sebelum splitnya adalah Rp 62,5. Saat ini sendiri harga saham BBCA sudah dapat dibeli dengan nominal terbaru pada pasar negosiasi maupun pasar reguler. Lantas, berapakah harga 1 lot saham BCA nya?

Untuk harga baru tersebut berkisar Rp 7.320 per sahamnya. Apabila harga sebelum stock split adalah sekitar Rp 36.600. Dengan begitu, apabila Anda ingin membelinya hanya memerlukan uang sekitar Rp 732.000 saja. Pasalnya, pembelian saham di pasar modal tersebut adalah 1 lot atau sebanyak 100 lembar.

Keuntungan Membeli Saham BCA Harga Terbaru

Setelah mengetahui harga 1 lot saham BCA dengan nominal terbaru dari hasil stock split, maka tentu ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Perubahan dan pemecahan harga saham tersebut berdasarkan keputusan Perseroan mengingat adanya perkembangan pasar modal dari waktu ke waktu.

Dengan begitu, tidak heran jika saat ini minat para investor semakin meningkat untuk berinvestasi di pasar modal. Tentu saja, aktivitas tersebut dapat memberikan kontribusi terbaik atas perkembangan pasar modal di dalam negeri saat ini. Pasalnya, harga 1 lot saham BCA dapat dibeli dengan cukup terjangkau.

Hal itu dapat menjadi keuntungan tersendiri ketika seseorang ingin lebih aktif dalam berinvestasi di pasar modal. Namun, tentu juga tidak lain karena komitmen Perseroan untuk terus menjaga fundamental BCA agar memberikan nilai tambah tersendiri kepada setiap pemegang sahamnya.

Cara Beli Saham BCA yang Perlu Anda Perhatikan

harga 1 lot saham bca hari ini

Seiring berjalannya waktu, saham merupakan salah satu investasi yang saat ini cukup banyak diminati. Termasuk saham BCA dengan harga terbaru sehingga siapa saja bisa terjun dalam dunia investasi tersebut. Apabila Anda masih tergolong awam untuk membelinya, simak cara beli saham BCA berikut

Siapkan Syaratnya

Pada dasarnya, pembelian saham tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Pasalnya, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah dengan memenuhi syarat pembukaan rekening. Berikut ini beberapa syarat agar dapat membuka rekening saham secara online tersebut:

  • Siapkan foto e-KTP
  • Siapkan juga foto khusus selfie memegang KTP tersebut
  • Siapkan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Ambil foto rekening tabungan pribadi pada halaman depannya
  • Isi formulir pembukaan rekening saham
  • Terakhir, siapkan materai

Buat Rekening Saham

Sebelum Anda membeli saham, sangat penting untuk membuat rekeningnya terlebih dahulu. Cara membuat rekeningnya sendiri terbilang sangat mudah. Dengan begitu, seseorang dapat membeli dan menjual saham mereka kembali. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih perusahaan sekuritas terbaik
  • Buat rekening saham/Rekening Dana Investor (RDI)
  • Rekening akan digunakan untuk menyimpan saham
  • Rekening dibuat terpisah dari perusahaan efek
  • Tujuannya untuk melakukan transaksi saham dan menyimpan dana

Setoran Awal

Apabila Anda sudah berhasil membuat rekening saham, maka langkah selanjutnya adalah dengan menyetor uang sebagai deposit awal. Oleh sebab itu, pastikan untuk menyisihkan dana jauh-jauh hari untuk penyetoran awal rekening. Berikut ini beberapa ketentuannya:

  • Lakukan deposit awal pada rekening saham
  • Nominal setoran awal tergantung sekuritas yang dipilih
  • Misalnya seperti Rp 100.000
  • Anda sudah bisa mulai berinvestasi saham

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Investasi Saham BCA

harga 1 lot saham bca sekarang

Bagi mereka para pemula yang baru saja membeli saham, maka tentu sangat penting mempelajari beberapa hal terlebih dahulu. Pasalnya, investasi saham tersebut tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Pastikan untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

Banyak Belajar

Ketika ingin berkecimpung dalam suatu hal, maka tentu sangat penting untuk memperbanyak ilmu mengenai hal tersebut. Termasuk dalam dunia saham. Ada baiknya Anda menyisihkan waktu secara khusus untuk mempelajari dunia saham dan bagaimana cara berinvestasi dengan cepat.

Baca Juga: Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

Investasi saham sendiri memerlukan pengalaman dan pemikiran yang tepat. Untuk itu, semakin paham mengenai dunia saham maka seseorang juga dapat menjalankan investasi dengan menguntungkan. Tidak ada salahnya juga untuk membaca buku mengenai saham untuk menambah wawasan.

Pilih Sekuritas Terbaik

Apabila Anda sudah mempelajari lebih dalam mengenai saham, maka langkah selanjutnya adalah dengan mempelajari sekuritas. Sekuritas/broker saham tersebut sangat penting untuk dipilih agar nantinya dapat memperoleh transaksi jual beli saham. Oleh sebab itu, pastikan untuk memilih sekuritas terbaik.

Sangat penting untuk tidak memilih perusahaan sekuritas sembarangan. Terlebih, setiap sekuritas juga mempunyai biaya transaksi yang berbeda-beda pada setiap penjualan dan pembelian saham. Pastikan juga pelayanan sekuritas tersebut bagus dan memuaskan.

Pelajari Indeks Saham

Perlu Anda ketahui bahwa BEI atau Bursa Efek Indonesia mempunyai banyak indeks saham. Oleh sebab itu, setidaknya ketahui terlebih dahulu apa itu indeks saham tersebut. Yakni ukuran statistik yang mencerminkan keseluruhan pergerakan harga beberapa saham berdasarkan kriteria tertentu.

Tujuan adanya indeks saham tersebut sendiri adalah untuk mengukur sentimen pasar, proksi kelas aset, dan masih banyak lagi lainnya. Jika masih tergolong sebagai seorang pemula, maka sangat penting untuk memilih indeks saham dengan nilai likuiditas yang cukup tinggi agar aman dari adanya resiko tertentu.

Penutup

Itu tadi beberapa informasi mengenai harga 1 lot saham BCA dan cara membelinya. Saat ini sendiri sudah ada banyak orang yang mulai berinvestasi pada saham. Apabila Anda juga ingin terjun lebih dalam ke dunia tersebut, pastikan untuk mempelajari seluk beluknya terlebih dahulu.

Demikian pemabahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosila anda masing-masing agar para pemain saham yang masih pemula lainnya dapat mengetahui harga per lot saham BCA. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *