Cara Beli Saham BCA

Hingga saat ini, banyak orang yang merasa penasaran dengan bagaimana cara beli saham BCA. Ternyata langkah-langkahnya pun cukup mudah sekalipun mereka bukanlah nasabah asli dari perusahaan BCA tersebut.

Tentu saja sebagian besar mereka pun merasa tertarik lantaran tawaran keuntungannya. Saham BCA yang telah melantai di Bursa Efek Jakarta dengan kepemilikan kode emiten BBCA yang memang sudah dikenal sebagai saham blue chip.

Hal ini menunjukkan bahwa saham BBCA memiliki kapitalisasi cukup besar sehingga mempunyai nilai tinggi dan relatif stabil. Apabila IHSG mengalami kontraksi, maka saham yang termasuk kategori blue chip akan bertahan pada posisinya.

Sekalipun mengalami penurunan, biasanya tidak sedrastis seperti pada jenis saham lainnya. Perusahaan emiten seperti BCA dikenal sebagai leader, banyak orang menggunakan produknya sehingga menunjukkan reputasinya benar-benar melejit di market.

Demi mengurangi resiko naik turunnya harga, maka salah satu yang dapat dicoba yakni dengan membeli saham BCA. Cara beli saham BCA pun saat ini bisa dilakukan dengan mudah baik secara online maupun offline ke kantor BCA langsung.

Cara Beli Saham BCA Online

cara beli saham bca online

Bagi Anda yang belum pernah melakukannya, tentu saja menganggap bahwa cara beli saham BCA sangatlah sulit. Faktanya beberapa langkah di bawah ini relatif sangat mudah untuk dipraktekkan sehingga dapat dilakukan siapapun, berikut ulasannya:

Membuat Akun

Hal yang paling awal harus Anda lakukan yakni dengan membuat akun. Langkah ini pun sangat mudah dilakukan karena banyak orang sudah bisa melakukannya melalui aplikasi online tanpa harus datang ke perusahaan sekuritas langsung.

Baca Juga: Ketahui Dulu Apa Itu Saham Sebelum Bermain Saham

Cara nya yakni tinggal unduh dan install apliksi nya seperti Ajaib, iPot atau Bions di PlayStore ataupun App Store. Namun satu hal yang perlu diingat yakni pilihlah perusahaan dengan izin OJK agar tetap aman ke depannya.

Selama pembuatan akun, pastikan untuk mengisi data diri, unggah foto dan identitas lainnya secara lengkap dan benar. Setelah semua proses dilakukan, tunggu proses verifikasi selama beberapa menit hingga berhasil.

Deposit Dana Pada Saldo RDN

Ketika Anda sudah memastikan akun sudah dibuat dan siap digunakan, maka langkah berikutnya yakni dengan mendapatkan akun untuk RDN. Singkatnya RDN merupakan kepanjangan dari Rekening Dana Nasabah pada Bank Kustodian.

Fungsinya menjadi penyimpan dana selama investasi dilakukan. Anda perlu mengisikan saldo pada akun RDN tersebut sebagai deposit awal. Tujuannya agar sebagai investor awal bisa membeli saham dengan mudah.

Jangan lupa untuk tetap menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga kemampuan ketika melakukan pembelian. Hal terpenting nya adalah, selalu gunakan uang dingin atau tidak terpakai dalam jangka waktu dekat ketika ingin membeli saham.

Memilih Opsi Saham BBCA

Cara beli saham BCA berikutnya adalah dengan memilih BBCA ketika hendak membeli saham sebagai kode emitennya. Bukalah aplikasi sekuritas lalu pilih produk Saham, untuk memudahkan masukkan kode BBCA tersebut di dalam kolom pencarian.

Anda perlu menunggu hingga aplikasi akan menunjukkan data emiten dan grafik statistic pada saham BCA yang menjadi kepemilikan resmi dari Bank BCA. Sebagai calon investor, bisa melihat posisi harga saham sebelum memutuskan untuk membeli.

Memasukkan Jumlah Lot Saham

Langkah terkahir cara beli saham BCA yang perlu Anda lakukan adalah dengan memasukkan jumlah lot saham sesuai kemampuan. Istilah ini merupakan satuan ketika hendak berinvestasi dimana 1 lot terdiri atas 100 lembar saham.

Baca Juga: Cara Bermain Saham Untuk Pemula

Pengetahuan secara umum seperti ini patut untuk dipelajari terlebih dahulu agar tidak kebingungan. Misalnya ketika harga saham BBCA sedang berada di posisi Rp 30.000, maka Anda harus memiliki dana sebesar Rp 3.000.000 untuk mendapatkan 1 lot.

Jika sudah memasukkan jumlah yang diinginkan, maka klik pada menu Beli atau Buy apabila benar-benar yakin hendak melakukan pembelian. Jangan lupa pastikan setatus Buying yang anda lakukan dalam status Matched atau selesai.

Cara Beli Saham BCA Offline Di Kantor

cara beli saham bca offline

Cara beli saham BCA lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan membeli saham melalui kantor BCA nya langsung. Pilihan satu ini direkomendasikan ketika pengguna kurang merasa cukup puas apabila harus melakukannya secara online.

Selain itu, bahkan beberapa diantaranya mengaku takut beresiko dengan kesalahan. Untuk langkah-langkah nya sendiri mudah, yakni sebagai berikut:

Datang ke Kantor BCA Sekuritas

Tidak hanya lewat aplikasi saja, Anda pun cara membeli saham juga bisa dilakukan dengan pergi ke kantor BCA Sekuritas nya langsung. Apabila sudah, sampaikan maksud dan tujuan anda kepada petugas yang berjaga.

Nantinya mereka akan memberikan petunjuk dengan lengkap terkait cara pembeliannya saham. Jangan lupa untuk membawa beberapa persyaratan mulai KTP, SIM hingga Kartu Mahasiswa, Buku Tabungan, NPWP, Kartu Keluarga dan Materai 6000.

Siapkan saja berkas asli sekaligus fotokopi dokumen agar proses pendaftaran dapat dilakukan dengan lebih cepat. Biasanya proses tidak akan membutuhkan waktu yang lama jika semua persyaratan yang anda valid.

Lakukan Top Up Dana

Ketika pendaftaran sudah berhasil dilakukan, Anda bisa melakukan top up sejumlah dana. Serahkan beberapa uang untuk ditransfer ke dalam rekening pribadi. Tujuannya sebagai pembayaran biaya ketika nantinya hendak membeli saham.

Dana yang perlu ditransfer ke dalam rekening bergantung dengan besarnya perusahaan sekuritas. Minimal yakni Rp 100 ribu sampai Rp 1 juta. Besarnya dapat Anda sesuaikan dari arahan petugas sebelum mengirimkannya.

Buka Aplikasi Sekuritas

Cara beli saham BCA paling terakhir, Anda bisa mengunduhnya lewat aplikasi untuk melakukan berbagai transaksi. Pasalnya sudah mengisikan saldo pada rekening, maka RDN otomatis akan aktif sehingga langsung memperoleh PIN dan juga ID.

Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan yaitu BCAS BEST Mobile 2.0 yang dapat diunduh dengan mudah di Play Store maupun App Store. Sebagai pengguna hanya perlu memasukkan ID dan PIN untuk kemudian memilih saham perusahaan, mencarikan pembelian dan jumlah lot.

Keuntungan Membeli Saham BCA

keuntungan beli saham bca

Tidak heran apabila saham BCA memang menarik perhatian bagi banyak orang. Pasalnya ada banyak keunggulan dari layanan ini sehingga menggiurkan para nasabah termasuk juga milenial. Berikut diantaranya:

Memperoleh Capital Gain

Bagi Anda yang belum tahu, istilah capital gain sendiri merupakan keuntungan atas selisih harga beli dan jual saham. Sebagai pemilik akan langsung mendapatkannya ketika mereka memutuskan untuk menjualnya dalam harga tinggi.

Misalnya ketika Anda memilih untuk menabung saham BCA dengan harga Rp 1000 per sahamnya, lalu dijual kembali seharga Rp 1.500. Maka besaran capital gain yang diperoleh yakni sebesar Rp 500 dalam satu kali jual.

Memperoleh Dividen

Sementara dividen adalah pembagian keuntungan perusahaan kepada pemegang saham yang seturut dengan persetujuan di dalam RUPS. Biasanya akan dibagikan di akhir tahun. Pasalnya, Anda harus memegangnya dalam jangka waktu cukup lama untuk diakui terlebih dahulu.

Pembagian dividen pun juga bisa berupa uang tunai sesuai nilai per sahamnya. Menabung saham tentu tidak selalu mendapatkan keuntungan sehingga perlu dilakukan secara hati-hati. Jadi pahami terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Cepet Naik Tapi Sulit Turun

Investasi saham merupakan suatu hal yang cukup berisiko ketika dilakukan. Ada berbagai macam goncangan sosial, politik dan beberapa instrumen lainnya yang dapat mengakibatkan pada penurunan harga saham tiap emiten.

Namun tidak dengan imiten dari saham BBCA ini, meski diterpa berbagai isu goncangan politik dan lain sebagai nya saham BCA tetap eksis berada di atas. Meskipun mengalami penurunan namun dampak nya tidak terlalu signifikan.

Mudah Untuk Dibeli

Selain beberapa keuntungan yang telah saya sebutkan diatas tadi, beberapa keuntungan lain nya adalah cara beli saham BCA yang bisa dilakukan dengan mudah. Seperti pada pembahasan diatas tadi terdapat dua opsi pembelian yakni online dan offline.

Jika pembelian dilakukan secara online, anda bisa menggunakan aplikasi sekuritas yang tersedia di Play Store atau Apps Store. Namun jika pembelian dilakukan secara offline, maka yang perlu anda lakukan adalah mendatangi kantor BCA langsung.

Penutup

Itulah cara beli saham BCA yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Tidak hanya bagi nasabah BCA saja melainkan fasilitas ini pun dapat digunakan bagi siapapun. Selain itu, keuntungannya juga sangat menarik untuk dijalankan dalam jangka waktu ke depan.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pemain saham lain nya dapat mengetahui langkah-langkah ini dengan sangat mudah.

Leave a Comment