Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

Kemudahan berinvestasi kini semakin terasa ketika perkembangan teknologi juga ikut menjadi salah satu faktornya. Bukan hanya mengakses informasi saja melainkan juga melakukan kegiatan yang menguntungkan, seperti cara bermain saham dengan modal 100 ribu.

Bagi sebagian orang, bisnis memang dapat dimulai dengan melanjutkan usaha yang telah diwariskan. Namun untuk beberapa orang diantaranya harus mengembangkan inovasi agar memperoleh keuntungan secara berkelanjutan.

Salah satu cara yang dapat dipilih adalah dengan melakukan investasi pada berbagai instrumen seperti saham. Menariknya, Anda pun bisa memulainya hanya bermodalkan sebesar 100 ribu saja tanpa harus memerlukan banyak dana.

Kini transaksi saham juga dapat dilakukan dengan sangat mudah menggunakan platform online. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan milenial. Dengan hanya modal pas-pasan, Anda sudah bisa memulai investasi dalam berbagai instrumen.

Bahkan kini beberapa perusahaan sekuritas pun telah menetapkan setoran awal yang cukup rendah sebagai persyaratannya. Meskipun demikian, ada banyak hal yang perlu anda perhatikan seperti apa itu saham. Hal ini bertujuan agar tidak mengalami resiko kerugian.

Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

cara bermain saham dengan modal 100 ribu

Bermain saham kini dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa harus memiliki banyak modal sekalipun. Bagi Anda yang hanya bermodalkan 100 ribu saja, cara bermain saham dengan modal 100 ribu tersebut tetap bisa dilakuakan, salah satu caranya yakni dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Baca Juga: Cara Bermain Saham Untuk Pemula

Di aplikasi Ajaib ini, terdapat sejumlah peraturan dimana setiap pengguna dapat melakukan setoran awal dengan jumlah yang rendah. Untuk langkah-langkahnya pun mudah, yakni sebagai berikut:

  1. Unduh dan install aplikasi Ajaib lewat PlayStore atau App Store
  2. Lakukan pendaftaran Disini, dengan memasukkan nomor ponsel, kata sandi dan email
  3. Klik pada menu Login
  4. Isikan data diri Anda dari nama, pekerjaan, dan pendapatan
  5. Lakukan verifikasi dengan mengirimkan pesan ke Ajaib
  6. Tunggu proses verifikasi berhasil
  7. Dapatkan nomor RDN untuk keperluan deposit
  8. Isikan deposit sebagai setoran awal ke rekening RDN
  9. Carilah saham di kolom pencarian sesuai modal 100 ribu
  10. Tunggu hingga muncul informasi dari analisis, harga dan chart
  11. Klik pada menu Beli atau Buy jika sudah yakin membelinya
  12. Cek pembelian di menu Fortopolio
  13. Selesai

Tips Bermain Saham Dengan Modal Rendah

tips bermain saham modal rendah

Kesadaran untuk berinvestasi sejak dini memang sudah disadari oleh banyak orang. Namun mereka cukup merasa kesulitan karena tidak memiliki modal cukup terutama bagi kalangan milenial. Lalu apa saja hal yang perlu diperhatikan saat bertransaksi di aplikasi saham?

Memilih Sekuritas dengan Setoran Awal Rendah

Anda tidak bisa langsung melakukan transaksi saham di Bursa Efek Indonesia namun harus memiliki RDI atau Rekening Dana Investor atas nama sendiri. RDI ini wajib diisi dengan setoran awal yang sudah ditentukan sebelumnya oleh perusahaan sekuritas.

Baca Juga: Cara Beli Saham Dengan Mudah

Saat ini besarnya setoran awal untuk memulai berinvestasi memang sangat beragam. Beberapa diantaranya pun mematok hingga puluhan sampai ratusan juta rupiah. Namun Anda harus memilih perusahaan sekuritas dengan patokan cukup rendah bagi Anda bahkan 100 ribu saja.

Investasi Saham Yang Murah Namun Berpotensi

Kini sudah banyak emiten yang ada di BEI namun Anda pun bisa menemukan perusahaan dari berbagai sektor. Harga saham pun juga semakin beragam mulai dari puluhan rupiah atau bahkan ratusan juta. Tentunya sebagai trader pemula akan berpikir kembali sebelum benar-benar membelinya.

Namun ada batasan minimal ketika Anda membeli saham yakni hanya 1 slot saja atau sama seperti 100 lembar saham. Jika seorang trader memiliki dana yang terbatas, maka pastikan untuk memilih emiten tergolong murah namun mempunyai reputasi dan proyeksi baik saat dikembangkan.

Memperhatikan Biaya Transaksi

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan transaksi jual beli saham, maka perhatikan juga berapa banyak biaya yang akan dikenakan setiap pembelian maupun penjualan dibutuhkan. Jadi ketika hendak membuat anggaran, pastikan dana investasi tersebut sudah dimasukkan ke dalamnya.

Biaya transaksi pun juga beragam jumlahnya, mulai dari 0,15% hingga 0,35%. Nilai tersebut tetap bergantung dengan keputusan dari perusahaan sekuritas tempat Anda memutuskan untuk bertransaksi. Namun jangan terlalu sering bertransaksi ketika dana masih terbilang sangat terbatas.

Menggunakan Kesempatan Ketika Saham Unggulan Sedang Menurun

Ketika Anda hanya benar-benar memiliki dana sebesar 100 ribu saja untuk berinvestasi, manfaatkan kesempatan ketika saham unggulan sedang mengalami penurunan. Kondisi ini memang bisa saja terjadi pada saat suatu negara maupun bangsa tengah berpengaruh kepada kondisi Bursa Efek.

Dinamika pada pasar saham memang sangat sulit untuk ditebak. Namun yang pasti, beberapa emiten unggulan juga sering mengalami gejolak akibat perkembangan ekonomi secara global. Sebagai trader, sangat penting mampu memahami kondisi seperti ini sehingga dapat memanfaatkan kesempatan.

Jenis Investasi Dengan Modal 100 Ribu

jenis jenis investasi

Dengan beberapa cara di atas, kini Anda pun bisa menerapkannya ketika hendak berinvestasi dalam bentuk apapun hanya menggunakan modal 100 ribu saja. Berikut ini ketiga rekomendasinya khususnya bermain saham.

Investasi Saham

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu saja memang bisa dikatakan cukup beresiko terutama jika masih pemula. Namun Anda pun tetap berkesempatan untuk memperoleh keuntungan tinggi apabila memanfaatkan keadaan terutama jika emiten unggulan sedang menurun.

Investasi saham sebenarnya sudah sangat terkenal di masyarakat. Namun jika hanya bermodalkan 100 ribu saja memang diakui sedikit rumit. Hal ini dikarenakan Anda dituntut untuk bisa mengatur dananya agar dapat diinvestasikan. Harapannya mampu memberikan keuntungan ke depannya.

Reksa Dana

Investasi reksa dana pun juga menjadi salah satu cara Anda untuk bermain saham dengan modal 100 ribu saja. Instrumen satu ini sama-sama memiliki resiko dari rendah ke tinggi. Bagi pemula mungkin masih merasa kebingungan pasalnya terdiri dari banyak jenis ketika diinvestasikan.

Beberapa contoh jenisnya adalah reksa dana pendapatan tetap, pasar uang, campuran dan saham. Setiap tipe tersebut memiliki resiko masing-masing sehingga harus dikelola terlebih dahulu sebelum benar-benar memulai transaksinya.

Pendanaan P2P Lending

Investasi ini dikenal memiliki resiko moderat dan lebih banyak diminati oleh kalangan milenial. Bagi Anda yang masih belum tahu apa itu pendanaan P2P lending, instrumen ini sebenarnya pemberian pinjaman kepada orang-orang membutuhkan.

Anda bisa berperan sebagai pemberi modal untuk pihak lain baik individu maupun organisasi. Tidak semua platform P2P memiliki modal yang rendah, namun beberapa diantaranya dapat dimulai hanya dengan 100 ribu saja seperti Koinworks dan Modalku.

Tips Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu saja tentu membutuhkan tips dan trik yang perlu Anda terapkan. Pasalnya jika sebagai trader kurang memperhatikan hal-hal penting selama transaksi jual beli, justru tidak akan memberikan keuntungan sama sekali.

  • Bacalah informasi terbaru terkait saham yang sedang potensial
  • Jangan pernah serakah, pastikan harga saham sesuai kemampuan
  • Pilih saham yang mempunyai fundamental bagus dan berpotensi
  • Lakukan analisis terlebih dahulu sebelum membeli saham
  • Hati-hati dengan saham yang tidak stabil

Penutup

Ada banyak cara bermain saham dengan modal 100 ribu sekaligus tips yang dapat Anda terapkan. Tentu saja hal ini perlu dipelajari jika seorang trader benar-benar ingin melakukannya namun masih memiliki dana yang minim.

Demikian pembahasan kali ini semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pemain saham lainnya dapat mengetahui hal ini juga dengan sangat mudah.

Leave a Comment