Cara Bermain Saham Untuk Pemula

Cara bermain saham untuk pemula memang perlu dilakukan dengan benar agar tidak mengalami kerugian. Bagi pemula, bermain saham tidak boleh dilakukan dengan gegabah karna menyangkut modal yang akan di investasikan.

Saham merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang yang dilakukan untuk mendapatkan ke untungan yang besar. Namun untuk pemula, ada banyak hal yang perlu di perhatikan terlebih dahulu sebelum ikut bermain saham.

Dari banyaknya jenis investasi, investasi saham lah yang bisa memberikan keuntungan paling tinggi dibandingkan jenis investasi lainnya. Meskipun demikian, ada banyak juga resiko yang perlu di hadapi pada saat bermain saham.

Apalagi bagi anda yang baru pertama kali mencoba bermain saham, tentu saja harus memiliki pengetahuan tentang tempat bermain saham yang terpecaya, cara membeli saham dan cara bermain saham untuk pemula agar tidak rugi.

Saham dikatakan sebagai jenis investasi yang memiliki resiko sangat tinggi (high risk) karna para investor nya bisa saja mengalami kerugian akibat capital loss, apa lagi cara bermain nya dilakukan dengan gegabah tanpa analisa.

Namun anda semua tidak perlu khawatir, pada pembahasan kali ini saya akan jelaskan bagaimana cara bermain saham untuk pemula. Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu beberapa manfaat saat bermain saham berikut ini.

Keuntungan Saat Bermain Saham

cara bermain saham bagi pemula

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama mengenai bagaimana cara bermain saham untuk pemula. Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan nantinya saat bermain saham. Ini dia beberapa keuntungan nya

Mendapatkan Deviden

Dividen merupakan pembagian keuntungan kepada pemegang saham berdasarkan jumlah banyaknya saham yang dimiliki para investor. jadi semakin banyak saham yang di miliki, maka akan semakin besar juga deviden nya.

Baca Juga: Untuk Pemula, Penting Mengetahui Apa Itu Saham

Tujuan dari pembagian deviden adalah untuk memberikan kepuasan bagi para investor karna telah membeli saham yang dimiliki perusahaan. Biasanya deviden akan di berikan setahun sekali ketika perusahaan mendapatkan laba.

Pembagian laba untuk para pemegang saham atau yang disebut deviden juga memiliki beberapa jenis di antaranya adalah dividen tunai, dividen saham, dividen interim, dividen properti, dividen script dan dividen likuidasi.

Diversifikasi

Diversifikasi merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mengurangi resiko saat bermain saham dalam jangka waktu panjang dengan cara mengalokasikan beberapa instrumen seperti finansial, industri dan kategori lainnya.

Dengan melakukan diversifikasi, maka saat beberapa saham yang kita beli sedang turun akan tertolong dengan beberapa saham lainnya yang sedang naik. Sehingga nantinya dapat mengurangi risiko kerugian yang cukup besar.

Melakukan diversifikasi memang dapat mengurangi resiko kerugian, namun apa bila diversifikasi dilakukan dengan cara yang salah maka akan berdampak kerugian. Misalkan pada saat diversifikasi pada sektor saham yang sama.

Kepemilikan Saham

Saat membeli saham pada perusahaan terntentu, secara tidak langsung anda juga memiliki kepemilikan terhadap saham perusahaan tersebut. Artinya, anda juga bisa disebut sebagai pemilik dari bisnis atau perusahaan tersebut.

Oleh karna itu, semakin besar jumlah saham yang anda beli artinya semakin penting juga suara anda dalam memberikan beberapa keputusan untuk perkembangan bisnis perusahaan kedepannya.

Transparansi

Menjadi salah satu aset bagian dari ekonomi global, pasar saham memiliki sistem kerja yang sangat transparan untuk memenuhi berbagai kebutuhan semua orang baik investor, pemilik saham atau dalam hal penetapan harga.

Dengan ada nya Transparansi nanti nya para investor mampu memastikan bahwa dana yang mereka investasikan tidak akan terjadi resiko akibat dari ada nya propaganda atau beberapa masalah internal yang terjadi di perusahaan.

Berkesempatan Berinvestasi Di Saham Internasional

Karna sifatnya yang transparan dan juga global, dengan melakukan investasi saham anda bisa mencoba untuk menanamkan dana investasi yang dimiliki di berbagai perusahaan mana saja yang sudah terdaftar di bursa efek.

Anda juga dapat memulai berinvestasi di berbagai perusahaan yang telah terdaftar di bursa efek internasional agar tidak terlalu banyak mendapatkan saingan dan juga harga stock saham nya yang masih relatif murah untuk dibeli.

Cara Bermain Saham Untuk Pemula

cara bermain saham

Setelah mengetahui manfaat yang akan didapatkan saat bermain saham, dibawah ini pembahasan mengenai cara bermain saham untuk pemula agar selalu profit saat berinvestasi saham meskipun anda sendiri masih pemula.

Pahami Segala Aspek Tentang Saham

Cara bermain saham untuk pemula pertama adalah dengan memahami segala aspek tentang saham itu sendiri. Dengan mengetahui segala aspek nya, nantinya anda dapat melakukan investasi saham dengan baik dan juga benar.

Baca Juga: Cara Beli Saham Untuk Pemula

Banyak pemula diluaran sana yang hanya mengetahui saham itu dapat menghasilkan keuntungan besar saja. Namun tidak mengetahui teknik dalam bermain nya. Hal ini lah yang akan mengakibatkan kerugian saat mulai berinvestasi.

Perlu anda semua ketahui, bermain saham memerlukan suatu strategi, kesabaran saat bermain, serta pengetahuan yang mendalam tentang saham itu sendiri agar nantinya bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Gunakan Modal Uang Dingin

Cara bermain saham untuk pemula selanjutnya adalah dengan menggunakan modal uang dingin. Maksut dari uang dingin disini adalah uang tersebut tidak akan dibutuhkan dalam jangka waktu dekat saat berinvestasi saham.

Menggunakan modal uang dingin saat melakukan investasi saham sangat perlu untuk dilakukan. Agar pada saat berinvestasi anda tidak pusing atau bingung dengan uang tersebut apa bila portofolio saham dalam keadaan buruk.

Bukan hanya itu saja, dengan menggunakan modal uang dingin gaya investasi anda akan lebih tenang dan sabar meskipun portofilio sedang merah. Dengan begitu investasi anda bisa dilakukan dengan jangka yang panjang.

Pilih Sekuritas Dengan Transaksi Kecil

Sekuritas merupakan bagian finansial yang mewakili posisi kepemilikan investor saham dalam suatu perusahaan tertentu. Dengan ada nya sekuritas artinya anda telah terbukti mempunyai kepemilikan saham di suatu perusahaan.

Ada banyak pilihan sekuritas yang bisa anda pilih saat bermain saham. Untuk pemula sebaiknya pilih lah sekuritas dengan biaya transaksi kecil. Dengan demikian, meski saham sedang buruk anda tidak rugi terlalu besar.

Biaya sekuritas biasa nya ditetapkan menjadi 0,19% untuk pembelian dan juga 0,29% untuk penjualan. Oleh karna itu, untuk mendapatkan keuntungan yang makin besar pilih lah beberapa sekuritas dengan biaya transaksi kecil.

Beli Saham Perbankan Atau Consumer Goods

Cara bermain saham untuk pemula selanjutnya adalah dengan membeli beberapa saham perbankan atau consumer goods. Beberapa saham tersebut sangat cocok sekali dipilih untuk pengalaman pertama anda dalam bermain saham.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan saham perbankan dan  juga consumer goods merupakan jenis bisnis yang akan sering digunakan oleh masyaratkat luas. Dengan begitu harga saham nya akan sering naik atau bahkan stabil.

Kalaupun harga saham dari perbankan dan juga consumer goods tiba-tiba turun, biasanya hal tersebut tidak akan terjadi dalam jangka waktu lama. Bisa dikatakan cara bermain saham untuk pemula sangat cocok pada sektor ini.

Pilih Saham Indeks LQ45 atau IDX30

Cara bermain saham untuk pemula selanjutnya adalah dengan memilih indeks saham LQ45 dan juga IDX30. Hal ini dikarenakan indeks saham tersebut biasaya memiliki likuiditas yang sangat tinggi sehingga cocok untuk pemula.

Selain itu, perusahaan-perusahaan yang terdaftar pada indeks saham LQ45 dan juga IDX30 tersebut biasanya merupakan perusahaan dengan latar belakang keuangan stabil dan fundamental yang baik dari waktu ke waktu.

Jadi bagi anda yang masih baru saja mengenal tentang saham, dari pada bingung ingin membeli saham mana, saya sarankan untuk membeli saham yang masuk ke dalam indeks LQ45 dan juga IDX30 karna tidak terlalu berisiko.

Beli Saham Saat Harga Turun

Banyak pemula beranggapan bahwa saat harga saham sedang tunan, maka pada saat itu lah harus dihindari untuk membeli suatu saham. Pemahaman tersebut sebenarnya tidak lah salah, namun tidak sepenuhnya benar juga.

Untuk pemula, cara bermain saham untuk pemula yang paling tepat dilakukan adalah dengan membeli beberapa saham pada saat harga nya sedang turun. Meski demikian, anda harus tetap memperhatikan beberapa aspek.

Beli Saham Yang Fudamental Keuanganya Stabil

Cara bermain saham untuk pemula selanjutnya adalah dengan membeli saham yang memiliki fudamental keuangan stabil. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko yang mungkinan akan terjadi pada saat anda berinvestasi saham.

Sebelum membeli saham di suatu perusahaan, ada baiknya analisa terlebih dahulu portfolio dari setiap perusahaan yang sahamnya akan anda beli. Lakukan screening dan filtering lalu pilih fundamental keuangannya yang baik.

Main Investasi Jangka Panjang

Perlu diketahui, Investasi saham dengan jangka waktu yang panjang lebih aman dan menguntungkan dari pada investasi jangka pendek. Apa lagi investasi saham yang dilakukan layaknya menabung pasti akan menguntungkan.

Selain itu juga, investasi saham jangka panjang juga memiliki risiko yang lebih rendah. Apa lagi saham yang anda beli merupakan saham yang berasal dari perusahaan yang tepat, keuntungan yang diperoleh bisa mencapai 100%.

Jual Saham Saat Harga Naik

Cara bermain saham untuk pemula yang terakhir adalah dengan menjual saham pada saat harga naik. Ketika anda menjual saham pada saat harga nya naik, sudah bisa di pastikan anda telah mendapatkan keuntangan yang lebih.

Secara sederhana, bermain saham ialah dengan membeli di harga rendah lalu menjual nya pada saat harga nya naik. Meskipun demikia, ada beberapa aspek yang perlu anda pahami dahulu seperti analisa fudamental dan teknikal nya.

Penutup

Nah itu lah tadi pembahasan mengenai cara bermain saham untuk pemula. Pentingnya pemahaman tentang saham merupakan hal yang sangat penting, apa lagi saham merupakan jenis investasi yang memiliki resiko sangat tinggi.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pemain saham yang masih pemula lainnya dapat mengetahui hal ini juga.

Leave a Comment