8 Cara Analisis Fundamental Saham Dengan Mudah

cara analisis fundamental saham

Kini investasi saham memang diakui sedang memiliki banyak peminat di lapisan masyarakat terutama bagi kalangan milenial. Hal ini dikarenakan keuntungan yang diperoleh cukup menjanjikan serta tidak memerlukan modal tinggi. Satu kemampuan perlu Anda kuasai yakni cara analisis fundamental saham.

Hal ini dikarenakan masih banyak orang yang asal-asalan untuk terjun ke dunia investasi tanpa belajar keahlian tersebut. Padahal kemampuan menganalisa ini penting dikuasai. Alhasil mereka justru mengalami kerugian daripada mendapatkan keuntungan.

Secara umum, teknik yang dapat dilakukan untuk menentukan saham yakni analisis fundamental dan teknikal. Keduanya akan dijalankan dalam jangka panjang dan juga sering digunakan oleh para investor. Tujuannya demi meminimalkan resiko kerugian dan kekeliruan dalam penentuannya.

Belajar Analisa saham akan memberikan arahan mengenai perusahaan yang akan Anda pilih. Khususnya bagi orang-orang awam sedang mempelajari hal tersebut. Sementara analisis secara fundamental menjadi bagian penting harus dipelajari untuk para pemula.

Analisis fundamental sendiri yakni sebuah teknik menganalisa saham yang tertuju pada beberapa faktor. Diantaranya yakni kinerja perusahaan, industri, persaingan usaha, keadaan ekonomi makro maupun mikro. Nah beriktu penjelasan cara analisis fundamental saham.

Apa Itu Analisis Fundamental Saham?

Analisis fundamental saham merupakan langkah Analisa yang dilakukan untuk mempelajari hal-hal berkaitan dengan kinerja keuangan dari suatu perusahaan. Tujuannya adalah mengetahui sifat dasar dan karakteristik secara operasinal. Diharapkan investor bisa menggunakannya sebagai petunjuk.

Baca Juga: Cara Menghitung Keuntungan Saham

Sementara ini, analisis secara teknikal tentu berkebalikan dimana menggunakan data harga dan volume perdagangan sebelumnya. Tujuannya menentukan harga jual ke depannya. Dengan demikian, investor bisa menjadikannya sebagai pertimbangan sebelum transaksi jual beli dengan target tertentu.

Pada saat melakukan suatu analisis fundamental, investor pun perlu mengerjakannya secara top down. Artinya Analisa dilakukan dengan menggunakan logika inklusif mulai dari situasi global ekonomi luas hingga mengerucut pada satu perusahaan saja.

Cara Analisis Fundamental Saham

analisis fundamental saham

Melakukan analisis fundamental saham memang diperlukan cara tersendiri demi mendapatkan informasi yang benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini ada beberapa langkah bisa Anda ikuti sebagai rahasia suksesnya menjadi investor cermat dan handal. Berikut cara analisis fundamental saham

Memilih Perusahaan yang Bagus dan Solid

Kunci utama dalam bermain saham memang tidak boleh salah memilih perusahaan. Seorang investor harus teliti untuk mengetahui bagaimana perkembangan dari suatu badan usaha sebelum membeli sahamnya. Hal ini penting demi menghindarkan dari kemungkinan terjadinya kerugian jumlah banyak.

Dengan memilih perusahaan yang bagus dan solid akan berhubungan dengan kinerja keuangan kinerja keuangan mereka telah terbukti. Hal tersebut menandakan jika memiliki prospek bagus di masa mendatang. Anda bisa memanfaatkannya untuk menilai baik atau buruknya sebelum membeli saham.

Acuan Harga Saham Sesuai dengan Pasar

Analisis fundamental saham memang dilakukan untuk membeli saham dengan harga yang bagus. Hal ini bertujuan guna menentukan saham murah maupun mahal akan menggunakan acuan tertentu. Selain itu, Anda juga tidak asal membelinya tanpa adanya pertimbangan sebelumnya.

Baca Juga: Cara Membaca Grafik Saham

Jadi pastikan untuk membandingkan terlebih dahulu dengan perusahaan lainnya sebagai acuan dasarnya. Bukan hanya memperhatikan kinerja keuangan, namun hal ini juga penting agar menganalisa dengan cara perbandingan antar harga pasar bisa dilakukan demi penentuan akuratnya.

Memperhatikan MOS atau Margin of Safety

Konsep ini memang digunakan untuk membuat prediksi yang berguna dalam antisipasi ketidakpastian di masa mendatang. Tentu saja semua perkiraan akan disesuaikan dengan acuan harga di masa depan. Dengan memperhatikan kondisi pasar terkini maka resiko kerugian dapat diminimalkan.

Pasalnya semua orang tentu tidak tahu apa saja yang akan terjadi di masa depan. Mengingat juga bahwa perkembangan dari suatu perusahaan memang tak bisa diprediksi di saat ini. Jadi penting agar memperhatikan MOS demi meminimalkan adanya kerugian dalam jumlah banyak di kemudian hari.

Menguasai Laporan Keuangan dari Perusahaan

Laporan keuangan dapat diibaratkan sebagai kitab suci dalam melakukan analisis fundamental. Tentu saja Anda perlu untuk menguasainya terutama mengerti cara membaca dan memahami secara keseluruhan. Pasalnya di dalamnya memiliki beberapa indikator dan istilah asing bagi orang awam.

Dengan kemampuan untuk menguasai laporan keuangan perusahaan, tentu terasa semakin mudah bagi Anda dalam menentukan pilihan saham. Lagi-lagi meminimalkan kerugian memang menjadi tujuan utama. Jadi jangan pernah membeli secara asal dan sembarangan jika tidak ingin kekeliruan terjadi.

Memperhatikan Besaran Deviden

Bagi Anda yang belum mengetahui istilah ini, deviden sendiri merupakan pembagian keuntungan akan dibayarkan secara tunai kepada seluruh pemegang saham sesuai dengan persetujuan sebelumnya. Cara pembayarannya dapat dianggap sebagai indikasi bahwa perusahaan memiliki cash flow kuat.

Pasalnya beberapa perusahaan yang memang kurang bertanggung jawab justru akan sedikit bermasalah dengan pembagian deviden. Untuk itu, Anda perlu bertanya lebih dulu terkait cara pembayaran hingga jangka waktu. Tujuannya agar hal sensitif seperti ini telah diputuskan secara jelas.

Mendapatkan Sumber Informasi yang Valid

Memang ada banyak sekali sumber informasi yang bisa Anda gunakan untuk membantu menentukan pemilihan saham perusahaan. Namun pastikan jika seluruhnya memberikan info secara valid dan benar-benar fakta.

Sumber informasi biasanya akan menjelaskan mengenai kinerja keuangan, latar belakang hingga hal penting lainnya. Tentunya Anda perlu menghindari situs yang kurang dipercaya dan abal-abal. Pastikan jika web tersebut berasal dari Bursa Efek Indonesia secara resmi.

Menghilangkan Asumsi Proses Secara Instant

Jangan pernah beranggapan bahwa analisis fundamental saham bisa dilakukan secara instant. Anda pun tidak bisa menganggap jika keuntungan yang diperoleh langsung berjumlah banyak. Pasalnya analisis fundamental khusus ditujukan untuk memperoleh penghasilan dalam jangka panjang ke depan.

Baca Juga: Cara Melihat Harga Saham Di IDX

Hal ini dikarenakan dalam analisis fundamental, fokus bisnis dan kinerja perusahaan yang dimiliki akan berpengaruh pada harga saham. Jika mereka memang bekerja secara sehat dan professional, maka dengan sendirinya akan menunjukkan perubahan secara profit meski memerlukan waktu panjang.

Sertifikasi Analisis Fundamental Saham

analisis fudamental

Kini bagi banyak orang, memiliki sertifikasi saham memang sudah dianggap sebagai hal penting untuk bisa melakukan Analisa pasar. Jika seseorang terbukti mempunyai, maka menandakan sebagai pembuktian layak menjadi seorang analis. Ilmu dan keahlian pun dapat dipertanggungjawabkan.

Investasi saham memang diakui sedang digemari di Indonesia. Oleh karena hal itu, sebagai investor pemula pun tentunya perlu mempelajari bagaimana cara analisis fundamental saham. Tujuannya agar lebih mudah dan akurat dalam memilih perusahaan yang tepat.

Analisis fundamental saham sendiri merupakan salah satu ilmu dalam pasar modal yang bisa dijumpai di internet maupun sumber lainnya. Namun dengan banyaknya teori tersebut tentu dirasa cukup sulit bagi sebagian besar orang. Untuk itu, ikuti saja program pelatihan hingga sertifikasinya.

Penutup

Ada beberapa cara analisis fundamental saham di atas yang bisa Anda praktikkan. Namun ingatlah satu hal bahwa sebenarnya proses ini tidak dapat dikerjakan secara instant. Jadi pastikan untuk bersabar terlebih dahulu dalam mendapatkan keuntungan meski sekalipun mengalami kerugian.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pemain aplikasi saham lainnya dapat mengetahui beberapa penjelasan yang telah saya sampaikan diatas. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.