4 Cara Melihat Harga Saham Di IDX Dan Platform Lainnya

cara melihat harga saham di idx

Bagi seorang pemula yang baru saja mencoba untuk bermain saham, maka ada banyak hal penting untuk dipelajari, salah satunya yakni cara melihat harga saham di IDX. Harapannya agar segala langkah investasi tidak akan keliru meskipun baru saja mempelajari hal tersebut.

IDX atau biasa disebut dengan BEI menjadi salah satu pusat perdagangan dimana seluruh transaksi jual beli saham bisa berlangsung. Hal ini dapat disamakan dengan situs marketplace yang menawarkan barang dari berbagai toko. Nantinya mereka bisa menunjukkan harga dan informasi secara jelas.

Sebagai pusat tempat jual beli saham yang ada di pasar modal, IDX pun menyuguhkan adanya informasi secara jelas tentang semua harga tersebut terutama jika sudah banyak dibutuhkan oleh public. Pasalnya sangat penting bagi Anda untuk tahu bagaimana cara menggunakannya.

Meskipun begitu, IDX sebenarnya bukan menjadi satu-satunya opsi yang bisa Anda andalkan untuk melihat harga saham saat ini. Ada juga beberapa platform lainnya dapat dipilih asalkan berbasis ekonomi dan keuangan ketika ingin mengecek perubahannya secara real time.

Walaupun platform dari luar IDX, namun data-data yang diberikan sangat tepat dan akurat. Bahkan tidak sedikit juga banyak para pemain saham baik pemula atau yang sudah hebat sekalipun menggunakan platform pihak ketiga. Untuk lebih jelasnya simak cara melihat harga saham di idx berikut.

Cara Melihat Harga Saham Di IDX

cara mencari harga saham di idx

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui bagaimana cara melihat harga saham secara harian karena hal ini memang dapat dilakukan tiap harinya. Nantinya IDX akan memberikan informasi dengan detail mengenai langkah-langkahnya dan tentu ditunjukkan real time saat itu juga.

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Wajar Saham

Ikuti tahapan berikut mengenai cara melihat harga saham di idx:

  1. Kunjungi situs resmi idx.co.id
  2. Pilih pada menu Data Pasar di bagian kolom atas
  3. Pilih pada menu Ringkasan Perdagangan
  4. Pilih pada menu Ringkasan Saham
  5. Lalu tentukan tanggal ketika hendak ingin memeriksa harga sama harian
  6. Filter terlebih dahulu jenis pencarian yang diinginkan
  7. Tentukan Kode Saham yang ditentukan
  8. Tentukan Nama Perusahaan yang ditentukan
  9. Tentukan Besar Nilai yang ditentukan
  10. Klik pada tombol Cari
  11. Tunggu hingga informasi muncul sesuai harga saham secara detail

Melihat Harga Saham Harian di IDX Secara Real Time

Satu hal penting yang tidak boleh ketinggalan adalah dengan cara melihat harga saham di IDX secara real time dan harian. Pasalnya langkah-langkah di atas masih menunjukkan informasi pada tanggal tertentu minimal hingga 1 hari sebelum pencarian bisa dilakukan. Tentu bagi pemula hal ini cukup terasa rumit.

Lalu bagaimana cara melihat harga saham di idx secara real time? Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan layanan dari Google. Caranya yakni cukup mengetikkan kode emiten dari masing-masing perusahaan. Sebagai contoh misalnya seperti Aneka Tambang dengan kode ANTM.

Hal yang perlu dicatat lagi yakni ketika Anda menerapkan cara melihat harga saham secara real time yakni langkah tersebut hanya dapat dilakukan pada satu emiten tertentu saja. Jadi informasi tidak akan diinformasikan dalam bentuk table menyeluruh seperti halnya di IDX pada umumnya.

Cara Mengetahui Posisi Harga Saham Naik atau Turun

Bagian penting yang juga tidak boleh terlewatkan yakni ketika Anda ingin melakukan analisis guna membeli suatu saham perusahaan, tentu tak hanya terpaku pada harga saham harian di satu tanggal tertentu saja. Faktanya diperlukan suatu analisis tentang perubahan dari waktu ke waktu.

  1. Kunjungi situs resmi idx.co.id
  2. Pilih pada menu Perusahaan Tercatat di kolom sisi atas
  3. Pilih pada menu Profil Perusahaan Tercatat di sub bagian
  4. Pilih pada menu Cari Berdasarkan Saham
  5. Ketikkan kode nama emiten yang Anda inginkan
  6. Misalnya, ANTM untuk Aneka Tambang
  7. Tekan tombol Cari
  8. Klik pada nama perusahaan yang muncul di hasil pencarian
  9. Klik pada menu Aneka Tambang Tbk
  10. Klik pada opsi Info Perdagangan
  11. Tunggu hingga muncul table yang berisi perubahan harga saham

Anda pun bisa saja memanfaatkan Google untuk melihat perubahan posisi dari saham sedang naik atau turun. Bahkan cara melihat harga saham di idx dan ini jauh lebih sederhana berdasar hasil pencarian yang sama dengan cara melihat harga saham secara real time. Jadi pencarian tidak perlu dilakukan sebanyak dua kali.

Melihat Indeks Harga Saham Gabungan di IDX

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengecek indeks harga saham gabungan, maka ada baiknya bagi calon trader memahami terlebih dahulu apa saja yang dimaksukd dengan isitilah tersebut. Orang-orang biasa menyebut IHSG namun pada laman IDX sendiri tertulis nama Composite.

Baca Juga: Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

Secara singkat, sebenarnya IHSG merupakan gerakan rata-rata harga saham untuk semua perusahaan yang sudah tercatat di IDX maupun BEI. Biasanya setiap satu hari akan mengalami perubahan posisi sehingga pengecekan secara real time memang penting dilakukan.

Apabila semua saham tersebut digabung, maka rata-rata pergerakan akan tergambar dengan jelas pada IHSG. Jadi ketika IHSG tersebut sedang meningkat, maka disimpulkan bahwa harga saham dari perusahaan memang sedang mengalami kenaikan. Begitu pun sebaliknya jika sedang menurun.

Cara Melihat Harga Saham di Platform Lain

Selain cara melihat harga saham di idx saja, Anda pun juga bisa menggunakan platform lainnya untuk melihat harga saham secara real time. Beberapa diantaranya seperti Yahoo Finance hingga Google sekalipun sehingga dapat sama-sama dicoba sebagai pertimbangan penentuan investasi tersebut.

Cara Melihat Harga Saham di Yahoo Finance

cara melihat harga saham di yahoo finance

Yahoo Finance juga menyediakan fasilitas untuk melihat harga saham dengan mudah bagi penggunanya. Laporan saham yang disajikan juga cukup detail sehingga tidak hanya ssebatas harga saja. Beberapa informasi lain tersedia seperti Profile, Statistics, Chart hingga Historical Data.

  1. Buka browser Yahoo Anda di PC atau ponsel
  2. Kunjung laman resmi Yahoo Finance
  3. Ketikkan kode saham pada kolom pencarian
  4. Tunggu hingga ditampilkan informasi saham
  5. Tarik mundur laporan untuk mengecek hingga lima tahun belakang

Cara Melihat Harga Saham di Google

cara melihat harga saham di google

Tidak hanya berguna sebagai mesin pencarian saja, nyatanya Anda bisa memanfaatkan Google untuk melihat harga saham secara sederhana. Beberapa trader pemula memang memilih platform ini karena dianggap lebih mudah dalam penggunaannya. Berikut beberapa langkahnya:

  1. Buka browser Google di PC atau ponsel Anda
  2. Ketikkan kode saham yang ingin Anda cari
  3. Tunggu hingga ditampilkan ringkasan saham yang dicari
  4. Tarik mundur laporan maksimal hingga lima tahun belakang

Cara Melihat Harga Saham Apk RTI Business

Terakhir, Anda juga bisa menggunakan RTI Business dimana merupakan sebuah aplikasi yang cukup populer di kalangan investor saham. Lewat apk ini, mereka bisa melakukan Analisa terhadap performa emiten tertentu. Daftar saham akan ditampilkan sebagai penggerak pada hari tertentu.

  1. Unduh apk RTI Business terlebih dahulu di Play Store atau App Store
  2. Tunggu pengunduhan dan lakukan instalasi
  3. Buka aplikasi RTI Business
  4. Klik pada menu Pencarian
  5. Ketikkan kode saham yang akan dicari
  6. Klik pada tombol Enter
  7. Informasi saham akan ditampilkan

Penutup

Itulah tadi beberapa cara melihat harga saham di IDX yang bisa Anda coba praktikkan dengan mudah. Hal seperti ini penting dikuasai bagi kalangan investor pemula lantaran menjadi kemampuan dasar sebelum benar-benar ahli di dalam pasar saham.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pemain saham lainnya dapat mengetahui beberapa hal yang sudah saya jelaskan diatas tadi. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *