4 Cara Menghitung Keuntungan Saham Dan Jenis-Jenisnya

cara menghitung keuntungan saham

Jenis investasi satu ini memang disebut lebih menarik jika dibandingkan dengan instrument lainnya. Demi membuktikannya tentu Anda perlu untuk mengetahui bagaimana cara menghitung keuntungan saham. Selain itu juga penting mengenali apa saja resiko dari kegiatan finansial satu ini.

Dengan keuntungan yang mampu menambah kekayaan dalam waktu singkat tentu hal ini juga diimbangi pada tingkat resiko cukup besar. Alasan ini menyebabkan banyak  orang akhirnya tidak menyarankan bagi pemula untuk memilih instrument investasi tersebut sehingga perlu dipertimbangkan

Ketika Anda tidak memiliki bekal pengetahuan maupun pengalaman dalam hal ini tentu justru mendekati dengan resiko kerugian. Itu sebabnya banyak dari pengelola dana akhirnya memilih untuk menggunakan asuransi demi meningkatkan keamanan selama bermain investasi tersebut.

Keuntungan saham pun juga memiliki beberapa jenisnya sehingga cara menghitungnya akan sedikit berbeda. Diantaranya yakni capital gain, dividen, hak mengikuti RUPS karena menjadi bagian pemilik perusahaan, fleksibel melakukan investasi, pajak kecil dan aman serta transparan.

Misalnya dividen yakni keuntungan pembagian laba yang akan diberikan oleh perusahaan kepada setiap pemegang saham. Nantinya dibagi dalam dua jenis yakni tunai dan saham sehingga dapat diperlukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pemberian.

Jenis-Jenis Keuntungan Saham

cara menghitung keuntungan saham per lot

Telah disinggung sebelumnya bahwa saham memiliki jenis keuntungan masing-masing yang dapat diperoleh oleh setiap pemegangnya. Anda bisa memilihnya atau bahkan memilih beberapa diantaranya. Berikut jenis-jenis keuntungan saham sebelum pembahasan cara menghitung keuntungan saham:

DIviden

Dividen akan diberikan dalam dua bentuk yakni tunai dan saham. Jika diberikan secara tunai, ini artinya perusahaan memberikan kepada pemegang saham per satu lembar saham sesuai dengan yang mereka miliki. Hal ini pun tetap disesuaikan dari kebijakan masing-masing pemiliknya.

Baca Juga: Cara Menghitung Return Saham

Dividen yang diberikan dalam bentuk saham diartikan bahwa perusahaan akan memberikannya dalam bentuk saham. Ini artinya jumlah saham mereka akan semakin bertambah. Umumnya cara ini juga menjadi salah satu pilihan bagi suatu bisnis demi mengembangkan usaha agar lebih besar lagi.

Kenaikan Harga Saham/ Capital Gain

Keuntungan saham bentuk kedua yakni berupa capital gain dimana akan diberikan oleh perusahaan kepada pemegangnya dari hasil selisih harga beli dan jualnya. Umumnya bisa diperoleh karena adanya aktivitas perdagangan yang terjadi di bursa efek sehingga menimbulkan adanya perbedaan nilai.

Jadi ketika harga jual memiliki nilai tinggi daripada harga beli maka pemegang saham akan mendapat keuntungan. Contohnya ketika Anda telah membeli saham A senilai Rp 3000 lalu diputuskan untuk menjualnya dengan nilai Rp 4000. Hal ini menunjukkan bahwa capital gain diperoleh sebesar Rp 1000.

Hak Ikut RUPS sebagai Bagian Pemilik Perusahaan

Keuntungan saham ketiga yakni berupa keikutertaan untuk mengikuti RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham. Dalam kegiatan ini, Anda pun bisa mengetahui pemaparan secara langsung mengenai rencana perusahaan ke depan, laporan tahunan hingga pembagian dividen.

Keuntungan saham beriktunya berupa modal yang diperlukan cenderung kecil. Ketika banyak orang suka bermain saham, kebanyakan alasannya dikarenakan uang di awal hanya diperlukan sedikit saja daripada jenis instrument investasi lainnya. Faktanya, hal ini memang cukup menjanjikan.

Investasi Fleksibel

Investasi saham merupakan aktivitas yang dinilai sangat fleksibel. Bahkan Anda pun bisa melakukannya tanpa mengorbankan waktu dari pekerjaan utama lainnya. Hal ini menandakan jika seseorang tetap mendapatkan keuntungan dengan menjadikannya sebagai kerjaan sampingan.

Terlebih saat kini sudah banyak kemajuan teknologi sehingga memungkinkan Anda untuk memantau aktivitas jual beli saham secara online di mana saja dan kapanpun hanya lewat genggaman ponsel saja. Dengan begitu, seorang investor tetap bisa beraktivitas lainnya sekaligus menghasilkan uang.

Pajak Kecil, Aman dan Transparan

Ketika dibandingkan dengan instrument investasi lainnya, saham memang memiliki pajak relative kecil karena hanya sebesar 0,1 persen saja. Namun menariknya, keuntungan di akhirnya begitu besar sehingga perlu dipertimbangkan jika Anda benar-benar tertarik untuk ikut bergabung sebagai investor.

Baca Juga: Cara Membaca Grafik Saham 

Selain itu, investasi saham pun termasuk pada usaha bisnis yang aman dan transparan. Pasalnya semua aktivitas jual beli dilakukan di satu ruang lingkup saja yakni bursa efek. Hal ini menjadi keuntungan dimana Anda juga perlu mempertimbangkannya lagi demi terjaminnya keamanan.

Cara Menghitung Keuntungan Saham

cara menghitung keuntungan saham di ajaib

Secara sederhana, cara menghitung keuntungan saham yakni hanya dengan mengurangi harga jual saham dengan harga dibeli. Namun dalam aslinya, harus dihitung juga fee penjualan dan pembelian dari masing-masing perusahaan sekuritas.

Return of Investment

Orang-orang biasa mengenalnya dengan ROI yang merupakan rasio keuangan untuk menghitung total keuntungan bagi seorang investor sehubungan dengan modal investasi sebelumnya telah disetorkan. Return of Investment pun juga sering digunakan pada perhitungan pembelian rumah.

Baca Juga: Cara Melihat Harga Saham Di IDX

Rumus perhitungan ROI pun tidak rumit yakni nilai investasi saat ini akan dikurangi dengan biaya investasi kemudian dibagi biaya investasi meliputi pembelian, penjualan dan pajak. Berikut cara menghitung keuntungan saham return of investment dan contohnya:

  • Nilai investasi = Rp 20 juta
  • Hasil penjualan = Rp 27 juta
  • Laba saham = Rp 20 juta
  • Perhitungan ROI =

(RP 27 juta – Rp 20 juta) : Rp 20 juta x 100%

(Rp 7 juta : Rp 20 juta) x 100%

0,35 x 100%

35%

  • Nilai ROI sebesar 35%

Compound Return

Cara menghitung keuntungan saham selanjutnya yakni Compound Return, yang merupakan perhitungan dari keuntungan saham yang sudah Anda dapatkan secara langsung untuk selanjutnya diinvestasikan kembali. Bagi investor jika memilih cara ini maka sudah diakui akan memperoleh pendapatan jauh lebih besar di tahun mendatang.

Misalnya ketika mosal saham pertama yakni Rp 50 juta dengan keuntungan pertama senilai 20% yakni Rp 10 juta. Kemudian Anda memilih untuk diinvestasikan sebesar Rp 60 juta secara keseluruhan. Maka pendapatan di tahun kedua memiiki total Ro 60 juta + Rp 10 juta + Rp 12 juta = Rp 82 juta.

Arithmetic Mean Return

Sering dikenal dengan sebutan AMR oleh kebanyakan kalangan investor, cara cara menghitung keuntungan saham ini akan menjumlahkan semua pendapatan kemudian dibagi dengan total periodenya. Berikut contoh untuk menghitungnya:

Misalnya Anda telah investasi sejak tahun 2017 hingga 2020 dengan masing-masing return yang berbeda sebesar 20%, 25% dan terakhir senilai Rp 15%. Maka cara menghitungnya yakni:

AMR = (20% + 25% + 15%) : 3

AMR = 60% : 3

AMR = 20%

Annual Return

Terakhir yakni Annual Return yang merupakan cara menghitung keuntungan saham yang akan diberikan selama investasi selama periode waktu tertentu dimana dinyatakan pada presentase tahunan. Cara perhitungan ini pun seringkali disebut sebagai rata-rata return dalam jangka waktu satu tahun.

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Intrinsik Saham

Misalnya Anda membeli saham pada tanggal 1 Januari 2018 kemudian diputuskan untuk dijual kembali di 1 Januari 2021. Masing-masing return tiap tahunnya yakni sebesar 5%; 3% dan 1%. Berikut perhitungan Annual Return-nya:

Annual Return = 3 x (1,05 x 1,03 x 1,01) – 1

Annual Return = 2,68%

Penutup

Cara menghitung keuntungan saham di atas dapat Anda ikuti dengan menggunakan salah satu rumus perhitungan saja. Hal ini penting demi mengetahui berapa besar pendapatan yang sebenarnya telah diperoleh setelah jangka waktu tertentu.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pemain saham lainnya dapat mengetahui beberapa hal yang telah saya jelaskan diatas tadi. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.