Cara Beli Saham IPO: Pengertian, Tujuan dan Keuntungan

cara beli saham ipo di

Semakin kesini, prosespek saham IPO semakin tinggi dan banyak diminati oleh para investor baik pemula atau profesional. Sebenarnya, ada beberapa cara beli saham IPO yang bisa dilakukan, yakni melalui beberapa platform online seperti E-IPO, IPOT, Ajaib, Mirae dan lain sebagainya.

Bagi seorang trader, tentu terdengar menarik untuk mengetahui apa saja cara beli saham IPO. Istilah IPO atau kepanjangan dari Initial Public Offering sebenarnya tidak asing lagi pada kalangan tertentu. Artinya yakni ketika sebuah perusahaan menawarkan efek dalam bentuk saham secara meluas.

Secara sederhananya, saham IPO merujuk pada waktu dimana sebuah perusahaan melantai di bursa saham Indonesia. Tujuannya untuk melakukan penawaran saham pertama kali ke public secara meluas. IPO pun sekaligus menjadi pertanda bahwa PT swasta telah menjadi PT Publik atau Tbk.

Tujuan dari IPO sendiri tidak lain adalah agar perusahaan bisa memperoleh pendanaan dan modal dari sumber eksternal misalnya investor. Oleh karena itu, IPO akan dilakukan ketika kondisi di pasar saham sedang kondusif sehingga benar-benar memberikan keuntungan yang potensial dan menjanjikan.

Selain itu, adanya IPO ini juga bertujuan untuk mendapat dana tambahan dalam rangka melancarkan operasional perusahaan maupun mempercepat kegiatan ekspansinya. Bahasa Indonesia sering menyebutnya sebagai Penawaran Saham Perdana sehingga ditawarkan oleh PT di kali pertamanya.

Melalui IPO ini, masyarakat umum maupun investor pun bisa melakukan penawaran, pembelian hingga penjualan saham tersebut. Jadi dengan adanya IPO kli ini, saham bukan lagi milik pemiliknya sendiri yakni PT namun sudah dapat dimiliki oleh public atau disebut sebagai go public.

Cara Beli Saham IPO Secara Online

cara beli saham ipo di ipot

Sejatinya adanya IPO akan memudahkan bagi investor pemula untuk membeli saham tersebut. Namun sebelum melakukan pembelian, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui kondisi fundamental dari calon emiten dengan mempelajari laporan keuangannya secara menyeluruh.

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Wajar Saham

Adapun cara beli saham ipo yang bisa anda semua lakukan adalah sebagai berikut:

Registrasi

Langkah pertama cara beli saham ipo yang penting untuk Anda lakukan yakni registrasi sebagai tahapan awal sebelum bisa melakukan step berikutnya. Penting bagi calon investor agar dapat mengisi formulir secara lengkap.

  • Masukkan alamat email Anda
  • Isikan tipe investor baik individu atau institusi
  • Isikan data dengan benar
  • Tunggu hingga autentikasi di demail berlangsung
  • Masukkan kode OTP yang sudah diterima
  • Buat kata sandi untuk akun tersebut
  • Konfirmasi dengan menulis kata sandi kembali

Verifikasi oleh Broker

Cara beli saham ipo selanjutnya adalah verifikasi, Anda bisa memilih broker sesuai dengan kebutuhan. Langkah ini perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum benar-benar mengajukan pemesanan pada saham IPO.

  • Pilih broker dan sekuritas yang akan Anda tuju
  • Pilih pada Registrasi Investor Identification jika memiliki SID
  • Pilih pada Sub Rekening Efek jika belum memilik SID
  • Lakukan log in menggunakan akun yang sudah dibuat sebelumnya
  • Sampaikan pesan yang akan diinginkan pada sistem e-IPO

Melakukan Submit Pesanan

Kini akun Anda sudah bisa untuk digunakan sekaligus dengan rekomendasi broker yang telah disarankan. Selanjutnya, cobalah membeli saham pada sistem e-IPO ini melalui beberapa cara di bawah ini:

  • Lakukan log in dengan akun yang sudah dibuat di e-IPO
  • Carilah perusahaan yang akan dituju
  • Cek informasi keuangan dari perusahaan tersebut sebagai pertimbangan
  • Pilih pada saham yang akan Anda beli
  • Klik pada menu More Info
  • Lengkapi pada kolom Place Order sesuai kebutuhan
  • Isikan formulir pemesanan secara lengkap
  • Klik pada menu Send
  • Masukkan kode OTP yang sudah dikirimkan

Menyediakan Dana di RDN atau Rekening Dana Nasabah

Selanjutnya, pihak perusahaan IPO akan memperoleh pemberitahuan jika terdapat pesanan dari seorang investor melalui email. Langkah kali ini hanya memerlukan verifikasi saja sebelum cara beli saham ipo benar-benar dapat digunakan.

  • Tunggu hingga verifikasi akun berhasil dilakukan dan siap digunakan
  • Tunggu hingga muncul informasi persetujuan dari perusahaan
  • Bacalah prospectus dari masing-masing perusahaan
  • Setujui prospectus tersebut di masa bookbuilding
  • Sediakan dana di RDN sebelum masuk ke masa offering

Menerima Saham IPO

Apabila pembelian saham benar-benar sudah bisa dilakukan, kini keuntungan pada akun Anda juga semakin meningkat. Hasil pendalatan ini akan menunjukkan proses membelinya sudah sesuai pesanan masing-masing investor.

  • Masuklah ke menu History untuk melihat aktivitas terakhir
  • Tunggu muncul pemberitahuan status pada sistem e-IPO
  • Jika Anda mendapat status “Alloted” maka mendapat saham sesuai pesanan
  • Jika Anda mendapat staus “Alloted with Scale Back” maka penjatahan akan disesuaikan
  • Jika Anda mendapat status “Not Alloted” maka tidak mendapat penjatahan
  • Jika Anda mendapat status “Not Carried Over” maka pesanan tidak dilanjutkan

Alasan Perusahaan Melepaskan Saham Secara Publik atau IPO

cara beli saham ipo di ajaib

Perusahaan yang memiliki status menandakan bahwa dirinya telah melepaskan saham ke milik tangan masyarakat. Ketika benar-benar sudah dilepaskan, maka siapa saja bisa membelinya tanpa memandang faktor dari dirinya. Berikut ini beberapa tujuan mereka mengadakan saham IPO

Memerlukan Tambahan Modal

Alasan ini tentu dianggap sebagai tujuan utama yakni ketika perusahaan akan memerlukan banyak tambahan dana. Bisa jadi biaya ini akan digunakan dalam rangka menekan jumlah utang atau beban jika mereka masih terbebani sehingga harus pelan-pelan diselesaikan.

Tambahan modal juga mengartikan bahwa perusahaan berencana untuk melakukan ekspansi sehingga berpotensi meningkatkan jangkauan pasarnya. Tidak hanya itu saja, dengan melepas saham ke bursa efek pun popularitasnya ikut meningkat di kalangan masyarakat terlebih bagi para investor.

Kemungkinan Bertumbuh Lebih Pesat

Alasan perusahaan melepas sahamnya secara public yakni agar memiliki potensi untuk tumbuh lebih pesat baik sisi internal maupun eksternal. Sebenarnya mereka masih bisa memanfaatkan kegiatan produksi dan operasional di dalamnya sebagai keuntungan utama namun memerlukan waktu lama.

Lain halnya ketika perusahaan akhirnya mendapat suntikan dana dari investor maka kegiatan ekspansi juga bisa lebih cepat dilakukan. Peluang untuk berkembang dengan lebih pesat akan semakin tinggi. Begitu pun pada nilai saham ikut meningkat sehingga kondisi ini sama-sama menguntungkan.

Meningkatkan Nilai Perusahaan

Alasan lainnya yakni mampu mendapatkan nilai perusahaan yang juga ikut meningkat. Hal ini penting dilakukan terutama jika mereka masih baru sehingga cukup kesulitan dalam menarik perhatian masyarakat umum.

Ketika melakukan saham go public, nilai perusahaan akan berpeluang untuk meroket di masa mendatang. Hal ini terjadi ketika mereka benar-benar mampu meningkatkan kinerja secara optimal sehingga saham juga ikut bertambah.

Apa Saja Keuntungan Saham IPO

cara beli saham ipo di mirae

Bagi investor pemula, terkadang masih asing dengan istilah saham IPO. Nyatanya jenis saham ini memiliki cukup banyak keunggulan. Pertama yakni mempunyai potensi keuntungan tinggi begitupun resiko kegagalan juga rendah.

Keuntungan berikutnya yakni modal yang masih terjangkau. Pasalnya harga jual saham IPO memang cukup rendah lantaran kemungkinan perusahaan sedang berada di kondisi bullish sehingga kehadiran investor begitu menguntungkan.

Selain itu, dalam kegiatan trading pun juga terbilang mudah dan fleksibel. Investor dengan gampang melakukannya karena kebanyakan fasilitas pada sistem tersebut dilakukan secara online. Umumnya akan menyediakan aplikasi tertentu sehingga menawarkan berbagai kemudahan bagi pengguna.

Ada banyak keuntungan yang mungkin bisa Anda peroleh ketika mempelajari cara beli saham IPO. Bagi investor pemula pun hal ini cukup menarik dipelajari karena memiliki kemungkinan tinggi mendapat keuntungan dengan modal terjangkau.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai cara beli saham IPO. Bagaimana sangat mudah bukan? Dengan begitu anda semua tidak perlu bingung lagi ketika melihat prospek saham IPO yang bagus karna bisa langsung membelinya dengan beberapa langkah yang telah saya sampaikan diatas.

Demikian pembahasan kali ini semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pemain saham lainnya dapat mengetahui beberapa hal yang telah saya sampaikan diatas. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.