Cara Beli Saham

Perlu diketahui, Investasi bukan hanya sekedar menabungkan uang ke bank, membeli rumah atau membeli tanah. Bentuk lain dari investasi adalah dengan membeli saham. Lalu bagaimana cara beli saham? Simak ulasan berikut.

Saham menjadi salah satu jenis investasi yang begitu diminati oleh masyarakat. Berkat kemajuan teknologi saat ini, cara beli saham pun bisa dilakukan dengan mudah. Cara membeli saham bisa dilakukan secara online maupun offline.

Saham sendiri merupakan suatu bukti dari kepemilikan sebuah perusahaan. Oleh karna itu, pemilik saham juga berhak untuk mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah keutungan saham yang didapatkan pada tiap perusahaan.

Dari sekian banyak jenis investasi, Investasi saham lah yang memiliki resiko paling tinggi dari pada beberapa jenis investasi lain nya seperti deposito, obligasi, tabungan berjangka, reksadana, investasi emas atau investasi properti.

Meskipun memiliki tingkat resiko yang sangat tinggi, investasi saham juga menawarkan beberapa keuntungan yang besar bagi para investor, baik dari pendapatan deviden tiap tahun nya atau bahkan dari harga saham yang naik.

Bagi pemula, mungkin cara beli saham masih sulit untuk di mengerti. Karna itu, pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan secara detail mengenai bagaimana cara membeli saham untuk melakukan investasi di pasar modal.

Cara Beli Saham Untuk Pemula

cara beli saham bca

Ada delapan langkah yang bisa pemula lakukan untuk cara beli saham, bagi anda semua yang belum mengetahui bagaimana cara nya langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Menentukan Sekuritas

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membeli saham adalah dengan menentukan sekuritas saham yang akan digunakan untuk melakukan investasi. Ada banyak sekuritas yang telah terdaftar di BEI, lalu mana yang dipilih?

Baca Juga: Pemula Wajib Tau Apa Itu Saham

Sebenarnya tidak ada cara khusus dalam menentukan sekuritas. Namun yang paling umum adalah sekuritas harus terdaftar resmi di Bursa Efek, biaya transaksi kecil, punya data realtime, biaya transaksi kecil dan lain sebagai nya.

Sekuritas merupakan suatu perusahaan yang telah mendapat izin resmi dari pihak OJK untuk melakukan kegiatan usaha yakni sebagai perantara perdagangan saham atau kegiatan lain nya sesuai ketentuan pengawas pasar modal.

Buka Rekening Saham

Setelah menentukan sekuritas, cara beli saham selanjutnya adalah dengan membuka rekening saham. Membuka rekening saham adalah wajib. Jika tidak, anda tidak akan bisa melakukan transaksi pada sekuritas yang dipilih.

Berkat kemajuan teknologi saat ini para investor pemula bisa membuka rekening saham dengan mudah secara online. Para investor cukup mengisi beberapa formulir yang ada, lalu mengirimkannya ke sekuritas yang dipilih.

Biasanya para investor diminta untuk mengisi beberapa formulir seperti nama lengkap, umur, tanggal kelahiran, alamat lengkap, beserta beberapa identitias lainnya. Terkadang investor juga diminta untuk meverifikasi identitas.

Buat Rekening Dana Nasabah

Setelah membuka rekening saham, cara membeli saham selanjutnya adalah dengan membuat rekening dana nasabah atau yang biasa disebut dengan RDN. Fungsinya yakni untuk menyimpan dana dari deposit para investor.

Jika rekening saham tadi digunakan untuk para investor agar bisa melakukan transaksi jual beli saham, Sedangkan RDN adalah rekening khusus yang dibuat oleh pihak bank untuk menyimpan semua dana transaksi jual beli saham.

Setoran dana untuk transaksi saham dan penjualan saham juga akan disimpan di RDN. Dana yang ada di RDN juga bisa anda tarik langsung ke rekening pribadi, namun setelah semua settelment transaksi saham telah selesai.

Top Up Saldo RDN

Setelah RDN atau Rekening Dana Nasabah telah terbuat, cara beli saham untuk pemula selanjutnya adalah dengan melakukan top up saldo RDN dahulu. Dengan melakukan top up, nantinya ada bisa memulai investasi saham.

Baca Juga: Cara Bermain Saham Untuk Pemula

Setiap sekuritas biasanya memiliki kebijak masing-masing mengenai jumlah minimal top up untuk memulai investasi saham. Dari pengalaman saya bermain saham, minimal top up saldo RDN adalah sebesar 100 ribu.

Untuk itu, penting bagi para pemain saham yang masih pemula untuk memilih sekuritas yang memiliki biaya transaksi kecil. Ada banyak sekuritas yang memiliki biaya transaksi kecil seperti di Ajaib, Ipot, sekuritas bca dan bri.

Transaksi Beli Saham

Setelah saldo RDN berhasil anda isi, tahap selanjutnya adalah membeli saham-saham yang tersedia pada sekuritas yang anda pilih. Dibawah ini akan saya contohkan sekilas mengenai cara beli saham online melalui aplikasi.

  1. Tentukan terlebih dahulu saham yang akan anda beli. Ada baiknya anda juga memahami kode pada saham yang ada agar mudah untuk mencari saham-saham yang akan anda beli lagi nantinya.
  2. Pada saat memilih saham, biasanya anda akan diminta untuk menentukan harga beli saham pada transaksi saat ini. Harga transaksi beli biasanya ditandai dengan Bit sedangkan penjualan adalah Ask atau offer.
  3. Akan ada sederatan harga saham, anda bisa memilih ingin membeli di harga berapa. Besaran harga beli saham biasanya menentukan cepat atau lambat nya transaksi anda match atau terbeli.
  4. Pemasangan order beli pada saham akan mengikuti prioritas harga dan juga waktu pembelian
  5. Jumlah pemain saham yang banyak, biasanya order beli anda akan cepat terselesaikan meski memasang harga beli rendah

Setelah proses transaksi beli anda selesai atau match, anda bisa mengecek detail dari saham yang anda beli seperti harga rata-rata, jumlah saham, jam serta tanggal beli saham dan lain sebagainya pada menu portofolio.

Transaksi Jual Saham

Setelah cara beli saham diatas telah anda lakukan dengan baik dan benar. Lalu dikemudian harga saham yang anda beli naik, maka anda bisa langsung menjualnya. Bagi pemula tentu tidak tau bagaimana cara untuk menjual saham.

Tidak perlu khawatir, dibawah ini implementasi atau contoh dari jual saham pada aplikasi sekuritas online.

  1. Pilih saham yang telah anda beli pada menu portofolio
  2. Tentukan harga jual saham dan berapa lembar saham yang akan anda jual
  3. Setelah harga jual dan lembar saham anda tentukan, terakhir anda bisa menjualnya dengan menekan tombol jual
  4. Tunggu proses penjualan transaksi saham anda selesai
  5. Setelah selesai, biasanya transaksi anda akan tersimpan di menu portofolio

Settelment Transaksi Saham

Dalam jual beli saham, ada istilah yang bernama settelment atau penyelesaian transaksi yang anda lakukan baik order beli atau jual pada saham. Settelment juga meliputi biaya transaksi sekuritas dan pemotongan pajak.

Di bursa saham, penyelesaian transaksi atau settelement dilakukan dalam waktu T+2 atau dua hari sejak transaksi beli atau jual anda lakukan. Jadi anda tidak perlu panik ketika hasil penjualan saham belum masuk ke RDN.

Setelah semua settelment selesai dilakukan, secara otomatis hasil penjualan saham yang anda lakukan akan masuk ke RDN. Setelah dana masuk ke RDN anda baru bisa menariknya ke rekening pribadi atas hasil investasi anda.

Biaya Transaksi Saham

Dalam transaksi saham, ada biaya-biaya tertentu yang perlu anda bayarkan setelah cara beli saham dilakukan. Biaya transaksi saham meliputi biaya transaksi, pajak, biaya bursa, biaya KPEI, biaya sekuritas dan lain sebagainya.

Biaya transaksi saham biasaya akan langsung tercantum di settelment atau penyelesaian. Biaya tiap-tiap sekuritas akan mengirimkan biaya transaksi saham atau settelment ke pada para investor melalui email yang terdaftar.

Hal yang perlu anda perhatikan pada biaya transaksi adalah ketika melakukan transaksi saham secara berulang-ulang baik itu order beli ataupun jual, karna akan menimbulkan biaya transaksi yang tidak sedikit pada akun.

Aplikasi Beli Saham Online

Setelah pembahasan cara beli saham diatas, berikut saya akan rekomendasikan beberapa aplikasi jual beli saham online yang memiliki biaya transaksi kecil. Berkat teknologi, investasi saham bisa dilakukan dengan aplikasi.

Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan sebagai cara beli saham online, untuk informasi lengkapnya berikut ini daftar aplikasi nya:

Ajaib

Aplikasi pertama yang dapat digunakan untuk cara beli saham online adalah Ajaib. Aplikasi ini dapat digunakan untuk jual beli saham, bukan hanya itu saja bahkan anda juga bisa membeli reksadana pada aplikasi tersebut.

Ajaib menjadi aplikasi investasi saham pertama yang sangat saya rekomendasikan bagi pemula. Selain biaya transaksi nya kecil, aplikasi ajaib juga mudah untuk digunakan karna tampilan aplikasi nya begitu mudah dipahami.

Di aplikasi ini juga terdapat berbagai informasi seputar investasi saham mulai dari berita tentang kenaikan harga suatu saham, berita fudamental saham, hingga beberapa rekomendasi saham yang bisa anda investasikan.

Ipot

Selain aplikasi Ajaib, ada beberapa aplikasi investasi saham lain yakni bernama IPOT atau Indopremier IPOT. Dengan aplikasi ini, Anda bisa membeli berbagai macam saham dengan modal yang kecil tanpa perlu deposito.

Aplikasi ini cocok untuk investor pemula, pasal nya cara beli saham bisa dilakukan dengan mudah. IPOT juga menawarkan berbagai fitur menarik dan juga dilengkapi dengan layanan cutomer service yang siap di hubungi.

Bahkan bukan hanya dapat digunakan sebagai investasi saham saja, aplikasi bernama IPOT juga bisa anda gunakan untuk membeli reksadana, belajar investasi, mengukur harga kenaikan tiap-tiap saham dan lain sebagainya.

Bions

Selain Ajaib dan IPOT, cara beli saham online juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi bernama Bions. Bions atau BNI Sekuritas Innovative Trading System merupakan aplikasi invesatasi saham yang mudah dan cepat.

Keunggulan dari aplikasi Bions ini adalah memiliki tampilannya yang sangat bersih dan mudah untuk dioperasikan bagi pemula sekalipun. Hanya saja, di aplikasi ini anda terlebih dahulu harus mengeluarkan modal yang besar.

Most

Most adalah aplikasi investasi saham terakhir yang saya rekomendasikan untuk anda semua untuk membeli saham. Most atau Mandiri Online Stock Tranding merupakan aplikasi jual beli saham yang dimilik oleh Mandiri Sekuritas.

Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang mudah untuk dipahami bagi pemula, meski demikian anda sedikit kekurang dari aplikasi ini yakni anda harus mengeluarkan modal yang cukup besar dahulu seperti hal nya Bions.

Penutup

Nah itu lah tadi pembahasan mengenai cara beli saham untuk pemula, bagaimana mudah bukan? Dengan begitu anda tidak perlu bingung lagi ketika ingin membeli saham-saham yang sudah anda incar dan prediksi sebelum nya.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pemain saham lain nya dapat mengetahui informasi ini dengan sangat mudah.

Leave a Comment