Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online

By | July 3, 2023

Akhir-akhir ini kamu mungkin sering mendengar maraknya modus penipuan online dalam berbagai bentuk seperti pesan sms, telepon, email, media sosial, dan media lainnya. Beberapa waktu lalu misalnya, marak modus penipuan online lewat file APK yang telah menimbulkan kerugian finansial bagi korbannya.

Tahukah kamu jika penipuan online merupakan salah satu kejahatan yang paling banyak dilaporkan lho! Sepanjang Januari hingga September 2020 penipuan online menempati urutan kedua laporan kejahatan terbanyak atau 28,7% dari total laporan.

Sebenarnya apa sih penipuan online itu? Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penipuan online? Yuk, simak pembahasan lengkapnya di artikel ini.

Apa Itu Penipuan Online?

Penipuan online adalah penggunaan layanan internet atau software dengan akses internet untuk menipu atau mengambil keuntungan dari korban, misalnya dengan mencuri informasi personal, yang bisa memicu pencurian identitas.

Perkembangan teknologi internet saat ini turut digunakan oleh pelaku penipuan online untuk memperdayai korbannya di website, ruang chat, media sosial, email, dan media lainnya. Penipuan online bisa menggunakan beberapa metode, modus, dan peralatan yang bervariasi seperti mulai dari software, memanfaatkan celah keamanan perangkat elektronik yang digunakan, hingga phising yang dilakukan di dari jarak jauh seperti dari luar negeri.

Berdasarkan data dari tahun 2016 hingga September 2020, terdapat total 7.047 kasus penipuan online, atau jika dirata-rata, maka terdapat 1.409 kasus penipuan online tiap tahunnya. Artinya, penipuan online menjadi salah satu kejahatan yang cukup sering dilakukan. Untuk itu penting bagi kamu mengetahui langkah-langkah yang bsia kamu lakukan untuk menghindari penipuan online.

Berikut Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online

Pemerintah sudah menghimbau untuk beraktivitas di rumah saja dan melakukan social distancing atau menjaga jarak untuk menekan penyebaran virus.

Akan tetapi, melonjaknya transaksi berbelanja secara daring justru banyak dimanfaatkan oleh kalangan tertentu untuk mendapatkan keuntungan lebih. Kini banyak sekali e-commerce baru menawarkan barang yang memang saat ini tengah meningkat dengan harga yang cukup fantastis.

Sob, agar Anda tidak tertipu dari produk yang palsu dan berbelanja secara aman, simak cara-cara ini:

1. Pilih e-commerce terpercaya

Sob, cobalah untuk buat daftar kebutuhan yang Anda inginkan agar sesuai dengan pengeluaran. Pilihlah e-commerce terpercaya dan memiliki rekomendasi cukup bagus. Bandingkan juga dengan e-commerce lain sebagai acuan bahwa Anda benar-benar tidak salah memilih e-commerce.

2. Perhatikan verifikasi e-commerce

Cek kembali apakah e-commerce yang Anda pilih tersebut sudah terverifikasi atau tidak. Disarankan Anda untuk tidak sembarangan mengklik tauran melalui sms atau email, cukup langsung kunjungi situs e-commerce tersebut.

3. Periksa rating

Biasanya beberapa e-commerce mencantumkan penilaian dari para pembeli. Usahakan cari e-commerce yang memiliki rating bagus. Biasanya e-commerce yang cukup bagus akan banyak mendapat penilaian bagus dari para pembelinya. Jika memiliki tanggapan positif, sudah bisa dikatakan bahwa e-commerce tersebut memiliki reputasi baik.

4. Baca ulasan dan deskripsi produk

Sebelum memilih barang yang Anda inginkan, sebaiknya Anda memerhatikan ulasan produk tersebut. Hal ini memudahkan Anda untuk mendapatkan informasi apakah barang tersebut layak atau tidak terutama yang memuat dengan foto-foto. Selain itu, Anda bisa lihat deskripsi barang terutama baha-bahan pokok.

5. Pilihlah cara membayar aman

Banyak sekali metode pembayaran transaksi secara online. Pilihlah metode yang sesuai dengan e-commerce tersebut, misalnya menggunakan rekening Bersama. Di mana rekening tersebut merupakan sebagai perantara antara pembeli dan juga penjual, sehingga uang yang Anda transfer juga tidak langsung diterima penjual. Simpan juga bukti pembayaran Anda, apabila barang yang Anda terima tidak sesuai dengan ekspektasi.

6. Jangan pernah bagikan kode rahasia

Apabila ketika anda mendapatkan kode rahasia melalui pesan singkat misal SMS, itu adalah kode untuk otorisasi transaksi. Jadi, jangan pernah bagikan kode yang bersifat rahasia ke pihak manapun yang tidak Anda kenal dengan alasan apapun. Happy shopping Sob!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *