Aplikasi PeduliLindungi Dan Cara Download Sertifikat Vaksin, Scan QR Code, Dll

Pedulilindungi apk– Yuk, download PeduliLindungi APK yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karena memiliki beberapa fitur yang sanggup membantu mengatasi pandemi COVID-19 dalam Tanah Air.

Aplikasi PeduliLindungi dibentuk oleh Kementerian Komunikasi & Informatika (Kominfo) & Kementerian BUMN untuk digunakan oleh Kementerian Kesehatan & Gugus Tugas.

Dengan PeduliLindungi, engkau ikut berpartisipasi dalam mengurangi perkara penyebaran COVID-19 memakai menaruh data lokasi saat bepergian. Jadi, penelusuran riwayat interaksi memakai penderita pun sanggup terdeteksi.

Nah, jibila engkau ingin menjadi bagian dari masyarakat yang saling peduli & ingin membantu memberantas pandemi COVID-19, langsung saja download aplikasi PeduliLindungi dalam sini.

Apa itu Aplikasi PeduliLindungi?

Apa itu Aplikasi PeduliLindungi?

Kemenkominfo, Kemenkes, Kementerian BUMN, & BNPB berkolaborasi dalam mengembangkan aplikasi bernama PeduliLindungi untuk membantu memutus rantai penyebaran virus corona dalam Indonesia.

Awalnya, aplikasi ini dirilis memakai fitur untuk tracing, tracking, & fencing COVID-19. Kemudian, hadir dua fitur baru memakai dimulainya vaksinasi COVID-19 pada 13 Januari 2021.

Kedua fitur tersebut adalah pendaftaran vaksin & sertifikat vaksinasi yang sanggup dilakukan langsung melalui aplikasi PeduliLindungi secara digital. Mudah & sanggup dilakukan #dirumahaja!

Bahkan, saat ini PeduliLindungi juga digunakan sebagai sarana untuk check in saat engkau masuk ke pusat perbelanjaan pula area perkantoran.

Aplikasi pelacak virus corona ini membutuhkan partisipasi masyarakat untuk saling menaruh data lokasinya dalam mana pun, terlebih saat bepergian keluar loka tinggal .

Download Aplikasi PeduliLindungi Terbaru 2022

bila engkau ingin ikut berpartisipasi sekaligus memastikan diri untuk terhindar dari virus corona, terlebih Omicron yang sedang meningkat, engkau sanggup download aplikasi PeduliLindungi dalam bawah ini!

  • Detail PeduliLindungi
  • Developer Kementerian Kominfo
  • OS minimal Android 5.0 & yang lebih tinggi
  • Ukuran 34M
  • Versi modern 4.0.7

Kamu sanggup pilih versi yang engkau inginkan pada tabel dalam bawah. Tapi jibila engkau nggak mau unduh, Jaka juga sudah melampirkan versi website apajika aplikasi Pedulilindungi tidak sanggup dibuka.

Versi Tanggal Rilis Fitur Unggulan Link Download
Google Play Store 28 Maret 2020 Gratis Download dalam sini
App Store 28 Maret 2020 Gratis Download dalam sini
Website – – Download dalam sini

Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi mengandalkan bluetooth pada gadget untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Ketika masih ada pengguna PeduliLindungi lain yang terdeteksi dalam radius, pertukaran data pun akan terjadi.

Data akan terekam pada masing-masing gadget. Aplikasi pun akan mengidentifikasi orang yang pernah berada dalam jarak dekat memakai pasien COVID-19, PDP (Pasien Dalam Pengawasan), atau ODP (Orang Dalam Pemantauan).

Teknologi yang sanggup menghentikan penyebaran virus corona ini pun akan sangat membantu mereka yang kesulitan mengingat riwayat bepergian & memakai siapa mereka melakukan interaksi.

Tidak hanya itu, engkau pun akan dihubungi oleh petugas kesehatan apajika pernah berada dalam jarak tertentu memakai pasien positif COVID-19, PDP, & ODP.

Terkait privasi, Kominfo mengklaim aplikasi PeduliLindungi aman dari phising karena data setiap pengguna disimpan dalam format terenkripsi & tidak dibagikan dalam orang lain.

Cara Daftar Aplikasi PeduliLindungi

Cara Daftar Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi buatan pemerintah ini sangat berguna untuk memantau perkembangan COVID-19 dalam lebih kurang kita, baik saat sedang dalam loka tinggal pula saat berpergian. Oleh lantaran itu, kita perlu mendaftarkan diri kita dalam Aplikasi PeduliLindungi. Berikut caranya!

Instal & buka aplikasi PeduliLindung.
Di hapage awal PeduliLindungi, pilih Daftar.
Pilih cara untuk login, melalui nomer telepon atau alamat email.
Isikan data tertentu contohnya nama lengkap, nomer telepon, atau alamat email.
Berikan perindikasi centang pada “Saya menerima segala isi Syarat Penggunaan & Kbijakan Privasi PeduliLindung”.
Pilih Daftar.
Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomer telepon atau email untuk verifikasi.
Berikan biar untuk akses lokasi, penyimpanan, & kamera.
Akun berhasil didaftarkan.

Cara Registrasi Vaksin dalam PeduliLindungi

Cara Registrasi Vaksin dalam PeduliLindungi

Ingin melakukan pendaftaran vaksin oline agar tidak perlu keluar loka tinggal ? Tenang! Kamu sanggup pendaftaran vaksin Covid-19 dalam PeduliLindungi memakai mengikuti cara dalam bawah ini!

Login ke akun PeduliLindungi
Pada hapage utama, klik Registrasi Vaksin.

Lalu, pada hapage Periksa Identitas, masukkan NIK & angka HP terdaftar. Klik Periksa Data apajika sudah sesuai.

  • Kamu juga sanggup mendaftarkan anggota keluarga atau kerabat yang tidak memiliki perangkat memakai cara pendaftaran yang sama contohnya tadi.
  • Isi data lain yang diperlukan. Lalu, pilih lokasi & ketika pelaksanaan vaksin.
  • Masukan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke HP engkau .
  • Akan muncul QR code tiket vaksin yang juga sanggup dikirimkan melalui email.
  • Kamu sudah berhasil daftar sebagai calon penerima vaksin. Data tadi mampu dicermati dalam hapage riwayat & tiket vaksin.

Cara Download Sertifikat Vaksin dalam PeduliLindungi

Cara Download Sertifikat Vaksin dalam PeduliLindungi

Setelah mengikuti vaksinasi, engkau akan menerima sertifikat sebagai perindikasi bahwa engkau sudah disuntik vaksin pada tanggal tertentu. Sertifikat diberikan dua kali, yakni pada vaksinasi pertama & kedua.

Sertifikat tersebut akan diberikan dalam bentuk fisik, dalam tempat vaksinasi Covid-19, pula digital melalui aplikasi PeduliLindungi.

Nah, untuk mengecek sertifikat dalam bentuk digital sangatlah mudah. Ada dua cara yang sanggup engkau lakukan, antara lain:

Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Untuk men-download sertifikat vaksin melalui PeduliLindungi APK, engkau sanggup ikuti langkah-langkahnya dalam bawah.

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi. Pada sajian utama, klik sajian Akun. Pastikan engkau sudah daftar vaksin juga, ya!

2. . Setelah itu, pilih sajian Sertifikat Vaksin lalu klik Periksa.

  • si NIK KTP & angka HP terdaftar.
  • Aplikasi akan menampilkan e-sertifikat vaksin pertama &/atau kedua.
  • Klik sertifikat vaksin Covid-19 untuk mulai mengunduh.
  • Aplikasi akan meminta persetujuan untuk menyimpan gambar, klik Ya.
  • Sertifikat vaksin online secara otomatis akan tersimpan ke dalam galeri HP.

2. Melalui Website PeduliLindungi

Selain melalui apkikasi PeduliLindungi, engkau juga sanggup melakukan pengecekan sertifikat melalui website PeduliLindungi. Caranya:

  • Kunjungi website PeduliLindung atau melalui URL www.pedulilindungi.id.
  • Klik kotak dalam bagian atas yang bertuliskan Sudah melakukan vaksinasi COVID-19? Cek sertifikat Anda dalam sini.
  • Lalu, masuk menggunakan angka telepon atau email yang sudah terdaftar.
  • Setelah berhasil masuk, kunjungi sajian yang bertuliskan namamu dalam bagian kanan atas.
  • Klik sajian Sertifikat Vaksin.
  • bila sertifikat sudah tampil, download sertifikat tersebut agar tersimpan dalam galeri HP.

3. Melalui WhatsApp

Alternatif terakhir untuk cek sertifikat vaksin adalah melalui layanan WhatsApp Kementerian Kesehatan dalam angka 081110500567. bila angka WA tersebut sudah engkau simpan, ikut langkah-langkah dalam bawah untuk pengecekan.

  • Kunjungi WhatsApps & kirim pesan ke layanan chatbot WhatsApps Kemenkes tersebut.
  • Ketik pesan Halo & tunggu beberapa saat hingga pesan dibalas.
  • bila sudah, akan tampil layanan otomatis. Pilih Menu Utama.
  • Lalu, pilih lagi Sertifikat Vaksin.
  • Kamu akan diminta untuk menginput identitas tertentu untuk memvalidasi permintaan pengecekan sertifikat.
  • bila sudah, tunggu beberapa saat hingga sertifikat dikirim ke WhatsApp-mu.
  • Selesai.

Cara Scan Barcode PeduliLindungi

Sejak diberlakukannya perpanjangan PPKM level 4, pemerintah melakukan uji coba pembukaan mall dalam 4 kota besar, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya & Semarang.

Untuk sanggup masuk mall, engkau wajib membuktikan sertifikat vaksin Covid-19 memakai cara scan barcode yang masih ada dalam pintu masuk mall melalui aplikasi PeduliLindungi.

Dengan begitu, PeduliLindungi menjadi galat satu aplikasi masuk mall yang wajib harus masih ada dalam HP, terlebih apajika engkau ingin bepergian ke pusat perbelanjaan.

Lalu, bagaimana cara scan QR Code dalam aplikasi PeduliLindungi? Gampang, kok! Kalau belum tahu, langsung saja simak langkah-langkah berikut ini!

Buka aplikasi PeduliLindungi.
Klik sajian Scan QR Code, lalu pindai barcode yang masih ada dalam pintu masuk mall. Tunjukkan hasil QR Code tersebut ke petugas mall.

Hasil pemindaian akan menunjukkan apakah engkau diizinkan masuk mal.
Warna hijau berarti engkau diperbolehkan masuk. Warna kuning berarti petugas akan melakukan verifikasi ulang. Sementara warna merah, engkau dipastikan tidak akan diizinkan masuk oleh petugas.

Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka

Kamu mungkin pernah mengalami kasus saat menggunakan aplikasi PeduliLindungi, misalnya saja aplikasi tiba-tiba tidak sanggup dibuka padahal sebelumnya sanggup digunakan memakai lancar.

Hal ini pasti terasa menyebalkan apalagi saat ini aplikasi PeduliLindungi sangat dibutuhkan dalam berbagai tempat. Lalu, apajika aplikasinya tidak sanggup dibuka, bagaimana cara mengatasinya?

1. Periksa Jaringan Internet

Cara pertama untuk mengatasi aplikasi PeduliLindungi nir sanggup dibuka adalah memakai memastikan HP engkau memiliki jaringan internet yang stabil agar aplikasi sanggup dibuka.

Saat aplikasi PeduliLindungi tidak masih ada koneksi internet, maka aplikasi tidak akan sanggup dibuka. Solusinya, engkau sanggup restart jaringan atau menggunakan WiFi gratis yang masih ada dalam sekitarmu.

2. Update Aplikasi PeduliLindungi

Salah satu alasan kenapa aplikasi PeduliLindungi tidak sanggup dibuka dalam iPhone & Android adalah karena engkau menggunakan aplikasi versi usang & belum memperbarui aplikasi ke versi modern.

Untuk itu, buka Google Play atau App Store untuk mengetahui apajika masih ada versi modern dari PeduliLindungi. bila versi modern sudah tersedia, silakan update aplikasi ke versi yang paling baru.

3. Bersihkan Cache

Cache yang menumpuk sanggup menyebabkan memori HP penuh menjadi akibatnya beberapa aplikasi tidak sanggup dibuka atau justru langsung tertutup memakai sendirinya saat engkau baru membukanya.

Untuk mengatasinya, engkau sanggup menghapus cache dalam HP agar ruang penyimpanan menjadi lebih lega menjadi akibatnya aplikasi PeduliLindungi sanggup digunakan kembali.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai aplikasi PeduliLindungi yang sanggup membantu memutus rantai penyebaran virus corona. Aplikasi ini juga dilengkapi berbagai fitur yang sangat berguna. Jadi, yuk, download PeduliLindungi APK kini juga!

About Babang Tamvan

Check Also

Download GOM Player Plus Free Full Crack + License Key

Download GOM Player Plus Free Full Crack + License Key

GOM Player- Penggunaan perangkat lunak buat pemutaran musik & pula video memang sangat banyak dilakukan sang pengguna perangkat PC.