Daftar Saham Blue Chip

Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi tentu saja ingin mengetahui apa saja istilah yang ada di dalam pasar modal. Salah satunya adalah memperhatikan apa saja daftar saham blue chip dimana cukup dinantikan oleh banyak orang karena diakui memiliki kemungkinan lebih tinggi.

Tidak hanya dengan belajar sendiri, Sebagian besar investor pemula pun juga memilih untuk menerapkan saran dari para broker dan trader ahli. Tentunya rekomendasi mereka menjadi salah satu bahan pembelajaran ketika hendak memulai bermain di pasar modal.

Terutama pada masa pandemic Covid-19 seperti ini, saham blue chip pun dinilai sangat bagus untuk diinvestasikan. Pasalnya posisi bunga sedang anjlok dari penawaran harga tertinggi mereka. Tentu saja kabar ini sangat menarik banyak orang terutama bagi pemula saat ingin mencobanya.

Saham blue chip yang ada di Bursa Efek Indonesia pun dinilai bagus untuk dibeli. Hal ini dikarenakan saham tersebut berasal dari perusahaan besar dan ternama. kinerjanya pun tentu memiliki reputasi baik ketika diperjual belikan karena memiliki peminat cukup banyak.

Sebelum memilihnya, Anda pun wajib untuk mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan saham blue chip tersebut. Hal ini penting dipahami sehingga ketika benar-benar bermain saham, tidak hanya menggunakan perasaan saja namun juga pengetahuan dan keterampilan.

Definisi Apa Itu Saham Blue Chip

daftar saham blue chip 2021

Mengingat bahwa bermain saham ini sebenarnya juga melatih skill dalam berbagai hal terutama keahlian memperkirakan harga sekaligus keterampilan. Untuk itu, bagi seorang pemula harus rajin mempelajari banyak hal sebelum terjun langsung ke dalam pasar modal.

Baca Juga: Cara Bermain Saham Untuk Pemula

Penting untuk dipahami adalah pengertian saham blue chip. Istilah ini diartikan sebagai saham perusahaan yang sehat dan mapan secara finansial. Kinerjanya akan terus konsisten dalam melaporkan pembukuannya baik sedang mengalami peningkatan maupun penurunan.

Saham blue chip pun juga dinilai memiliki kapitalisasi pasar cukup besar lantaran merupakan pemimpin dalam suatu sektor tertentu. Sebagai contoh yakni perusahaan Telkom dengan kode emiten TLKM dinilai mempunyai resiko rendah kerugian karena telah menguasai industri telekomunikasi tanah air.

PT Telkom Indonesia pun juga senantiasa melaporkan hasil keuangannya sekaligus memberikan penghargaan secara khusus kepada pemegang saham. Saham blue chip milik perusahaan ini dinilai aman dan konsisten karena menyediakan pengembalian dalam jangka waktu ke depan.

Ciri-Ciri Saham Blue Chip

ciri ciri saham blue chip

Saham yang termasuk ke dalam kategori blue chip ialah saham yang dapat diandalkan dan diunggulkan di BEI atau Bursa Efek Indonesia. Saham-saham yang termasuk Blue Chip tersebut memiliki ciri khas sebagai berikut:

Memiliki Fudamental Yang Bagus

Ciri-ciri saham Blue Chip yang pertama adalah memiliki fudamental yang bagus. Untuk menjadi perusahaan yang memiliki fudamental bagus bukan merupakan hal yang mudah. Karna selain dilihat dari kenerja perusahaan juga dilihat dari berapa lama perusahaan tersebut berdiri.

Baca Juga: Cara Beli Saham Di Berbagai Platform

Saham perusahaan yang termasuk Blue Chip dan memiliki fudamental yang bagus biasanya mampun melawati berbagai macam krisis dan mampu melewatinya. Oleh karna itu, penting untuk mengetahu daftar saham blue chip terbaru.

Liabilitas Dan Aset Yang Seimbang

Ciri selanjutnya adalah memiliki liabilitas dan juga aset yang seimbang. Untuk mencapai sebuah tujuan, biasanya perusahaan melakukan pinjaman hutang keberbagai lembaga keuangan. Jika Perusahaan blue chip maka jika utangnya besar, asetnya juga akan besar sehingga bisa ditutup dengan aset.

Perusahaan Blue Chip juga akan mampu membayarkan hutang sesuai dengan prosedur dan juga jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.

Kapitalisasi Pasar Besar

Perusahan Blue Chip biasanya memiliki ciri khas yakni memiliki kapitalisasi pasara yang besar biasanya di atas 10 Teriliun. Oleh karna itu, tidak heran jika saham yang termasuk kedalam kategori Blue Chip sering menjadi buruan para investor asing.

Bagi para Investor saham yang masih pemula, disarankan untuk memiliki jenis saham yang seperti ini. Alasannya agar investasi yang anda lakukan dapat berjalan dengan aman dan jangka panjang, sehinga profit akan selalui didapatkan nantinya.

Sering Diperdagangkan

Ciri saham Blue Chip lainnya adalah sering diperdagangkan di pasar saham. Saham Blue Chip akan sering menjadi incaran para investor baik dari dalam negri atau bahkan luar negeri karna berpotensi mendapatkan keuntuangan yang sangat tinggi.

Baca Juga: Minim Modal? Berikut Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

Saham-saham Blue Chip juga biasanya sering di perdagangkan di BEI, sehingga menjadi salah satu saham yang mudah untuk ditukarkan dengan mata uang. Jenis saham seperti ini juga biasa disebut dengan saham liquid.

Sering Membagikan Deviden

Ciri khas terakhir dalam saham yang termasuk Blue Chip adalah sering membagikan deviden kepada para investor. Deviden yang dibagikan paling tidak satu kali dalam setahun, bisa saja dua kali dalam setahun tergantung dari banyak nya keuntungan yang didapatkan perusahaan.

Untuk dapat menentukan saham-saham yang termasuk kedalam kategori Blue Chip, anda perlu terus menerus memantau daftar saham blue chip terbaru baik dari BEI langsung ataupun berbagai sumber lainnya, seperti pada situs ini.

Daftar Saham Blue Chip Terbaru 2021

daftar saham blue chip

Dalam Bursa Efek Indonesia telah mencatat lebih dari 600 saham yang sudah terdaftar. Situs resmi milik BEI pun selalu mengeluarkan informasi paling terbaru pada beberapa bulan terakhir mengenai daftar tersebut. Anda bisa menjadikannya sebagai rekomendasi ketika hendak memilihnya.

BBCA – Bank Central Asia

BCA merupakan bank swasta terbesar di Indonesia bahkan dikenal memberikan layanan terbaik. Jaringan ATM milik perusahaan ini juga sangat luas sehingga jumlah nasabahnya telah mencapai angka jutaan. Pengelolaannya dinilai begitu efisien sehingga terbukti pada ROA (Return on Asset).

Baca Juga: Cara Beli Saham BCA

Saham BCA dengan kode emiten BBCA pun memiliki volume sebesar 11.378.100 lembar saham pada harga terakhir penutupan adalah Rp 30.225. Sementara di tanggal 30 April 2019, BCA mencatat total dividen tunai di tahun 2018 senilai Rp 8,3 triliun. BBCA saat ini menjadi pilihan banyak investor.

UNVR – Unilever Indonesia

Unilever sebagai korporasi consumer goods yang terbesar di Indonesia ini pun sangat terkenal. Dengan begitu banyaknya produk tersebar di seluruh pasarnya, membuat pergerakan sahamnya juga dinilai cukup konsisten. Beberapa diantaranya seperti Rexona dan Royco merupakan merk asli miliknya.

Keuntungan dari Unilever sendiri menunjukkan peningkatan tiap tahunnya hingga mencapai Rp 9 triliun per tahun 2018 silam. Dalam ROE pun juga membuktikan bahwa kemampuan perusahaan ini menghasilkan laba pada equity untuk selanjutnya diberikan kepada pemegang saham.

TLKM – Telekomunikasi Indonesia

Telah disinggung sebelumnya, bahwa saham TLKM ini memang menjadi salah satu saham blue chip terbaik di Indonesia. Perusahaan raksasa milik BUMN ini berdiri di bidang jasa telekomunikasi yang sudah lama melayani masyarakat tanah air. Kapitalisasi pasar miliknya berhasil menembus 313,4 triliun

Baca Juga: Berikut Daftar Saham LQ45 Terbaru

TLKM dengan konsistensinya mampu meraih keuntungan bersih dari tahun ke tahun meski dalam kondisi ekonomi Indonesia yang sedang tidak stabil. ROE milik perusahaan ini juga senantiasa berkembang menjadi 22,03 persen sehingga menjadi kabar baik.

ICBP – PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk menjadi perusahaan yang memproduksi mie instan dimana sangat terkenal di Indonesia. Tingginya populasi warga tanah air menjadi salah satu faktor ketika penjualan produk tersebut selalu melonjak dibarengi dengan berbagai inovasi rasa dan kemasannya.

Kemampuan perusahaan untuk berkembang di persaingan pasar yang sungguh ketat tentu berimbas pada perkembangan sahamnya. Banyak ahli menyampaikan bahwa saham blue chip dari produsen makanan dianggap sangat aman terutama milik Indofood karena sudah ternama di Indonesia.

BBRI – Bank Rakyat Indonesia

Saham milik Bank Rakyat Indonesia juga cenderung menarik perhatian dari banyak investor karena memiliki performa cukup baik. BBRI dinilai cukup aktif dalam perdagangan di bursa efek sehingga menjadi pilihan utama bagi Sebagian besar orang di pasar Bursa Efek Indonesia.

Baca Juga: Cara Beli Saham BRI

Saham BBRI juga memiliki kapitalisasi pasar yang dinilai cukup fantastis dengan angka Rp 372,35 triliun per tanggal 31 Maret 2020 . Jumlah saham perusahaan ini berada di angka 123.345.810.000. Kinerja saham milik BRI dikenal mempunyai komitmen kuat dalam memberikan pinjaman kredit.

BMRI – Bank Mandiri Persero

Kinerja saham blue chip milik Bank Mandiri Persero di tahun 2019 lalu pun berhasil mencatat laba bersih dengan nilai Rp 27,5 triliun. Kenaikan tersebut diketahui mencapai angka 9,9% daripada tahun sebelumnya. Kinerja ini dikatakan cukup stabil bagi perusahaan tersebut.

Bank Mandiri pun juga menjadi salah satu bank yang ternama di Indonesia sehingga menunjukkan konsistensi dalam kinerjanya. Performa tersebut mampu memprediksi bahwa saham blue chip milik mereka senantiasa berada di angka stabil tanpa ada resiko kerugian cukup besar ke depannya.

PGAS – PT Perusahaan Gas Negara Tbk PGN

Perusahaan Gas Negara disebut sebagai perusahaan nasional di Indonesia yang berfokus di bidang transportasi serta distribusi gas bumi. Fokus kerja mereka berperan dalam pemenuhan kebutuhan gas bumi dalam wilayah domestik. Saat ini, pemerintah memiliki setidaknya 56,96 persen dari total saham.

Saham PGAS ini sebenarnya sempat mengalami penurunan hingga menuju Rp 605 per lembar sahamnya. Tentu saja hal ini menjadi peluang bagi pemburu saham blue chip ketika PGAS berhasil melewati masa tersebut. Banyak dari laporan pembukuan perusahaan ini selalu menunjukkan kenaikan

Selain daftar saham blue chip diatas, ada beberapa daftar saham blue chip lain nya yakni:

  • Gudang Garam – GGRM
  • Ace Hardware Indonesia – ACES
  • Adaro Energy – ADRO
  • Aneka Tembang – ANTM
  • Astra Internasional – ASII
  • Bukti Asam – PTBA
  • Pakuon Jati – PWON
  • Vale Indonesia – INCO
  • AKR Corporindo – AKRA

Penutup

Itu tadi daftar saham blue chip 2021 yang dapat Anda jadikan opsi ketika memasuki pasar saham. Tentu saja dengan sebutan istilah tersebut di perusahaan ternama, membuat pergerakan trafiknya cenderung tidak pernah mengalami keanjlokan dalam waktu lama.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pemain saham lain nya mengetahui daftar saham blue chip terbaru ini dengan mudah.

Leave a Comment