3 Cara Menghitung Average Down Saham, Pengertian Dan Syarat

cara menghitung average down saham

Ada banyak strategi yang mungkin bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan keuntungan investasi. Salah satunya yakni mempelajari cara menghitung average down saham. Biasanya kemampuan ini juga disebut dengan pemerataan merupakan pembelian saham dilakukan secara bertahap.

Tujuan dilakukan pemerataan tersebut adalah memperoleh keuntungan maksimal namun dengan rata-rata biaya minimal. Selain itu, strategi ini pun juga diterapkan karena biasanya para investor melakukan pembelian saham melalui cara mencicil di berbagai level harga.

Ada salah satu kelebihan dari dilakukannya strategi ini yakni Anda tidak perlu lagi menghitung banyaknya keuntungan investasi pada masing-masing harga. Jadi sebagai investor hanya cukup membandingkan harga rata-rata pada saat melakukan pembelian.

Strategi menghitung average ini sebenarnya terbagi menjadi dua jenis yakni down dan juga up. Namun Anda bisa berfokus pada tipe yang kedua saja karena lebih banyak digunakan oleh para investor. Tentu hal ini menjadi salah satu pertimbangan dari kebanyakan penggunaan trader sebelumnya.

Dalam melakukan average down maupun up memang memiliki kelebihan tersendiri. Utamanya yakni Anda tidak perlu lagi memperhitungkan besaran keuntungan dan juga kerugian setiap kali melakukan pembelian maupun penjualan.

Apa Itu Average Down?

average down saham

Pertama-tama, Anda perlu mengenal istilah dari average down. Sebenarnya strategi ini dimaksudkan dengan membeli sebuah saham dengan cara bertahap ketika harganya sedang mengalami penurunan. Sebaliknya average up dilakukan pada saat menunjukkan adanya kenaikan secara perlahan.

Baca Juga: Cara Menghitung Keuntungan Saham

Secara umum, strategi pembelian seperti ini memang perlu diterapkan guna menghasilkan keuntungan maksimal dengan biaya seminimal mungkin. Selain itu trik ini juga diberlakukan untuk memudahkan para investor untuk menghitung berapa keuntungan yang mereka dapatkan.

Bukan hanya pada saham saja, Anda pun bisa menerapkan strategi membeli saham kali ini pada instrument investasi lainnya seperti reksa dana, emas hingga ETF. Namun pastikan terlebih dahulu jika pergerakan harga menunjukkan kondisi fluktuatif.

Contoh Perhitungan Average Down Saham

Salah satu perangkat yang bisa Anda gunakan untuk menghitung average down saham adalah dengan menggunakan Ms. Excel. Namun hal utama wajib dilakukan bagi seorang investor yakni benar-benar mengamati, mencatat dan memperhatikan setiap kali pergerakan harga mengalami perubahan.

Contoh kasusnya yakni ketika A membeli saham perusahaan X dengan mekanisme average down. Awalnya A hanya melakukan pembelian sebanyak 500 lembar saham saja seharga 1000 per lembarnya. Begitu pun seterusnya hingga A mampu memiliki saham sebanyak 3000 lembar.

Mengingat jika A menerapkan mekanisme average down, hal ini membuat A akan memiliki saham perusahaan X sebanyak 3000 lembar dengan rerata harga sekitar 1500 per lembarnya. Anda bisa mencari pemerataannya dengan membagi total jumlah harga saham pada total jumlah saham dibeli.

Cara Menghitung Average Down Saham

cara average down saham

Dalam cara menghitung average down saham memang dikatakan sangat mudah namun Anda tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan pada saat penerapannya dan penting untuk dipahami, berikut ulasan lengkapnya:

Menganalisa Pergerakan Harga Selama Jangka Waktu Tertentu

Cara menghitung average down saham pertama adalah dengan melakukan analisa pergerakan harga selama jangka waktu tertentu, maka langkah ini memiliki tujuan utama yakni memiliki gambaran umum dari suatu saham. Nantinya akan terlihat apakah incaran tersebut sedang mengalami kenaikan atau penurunan sebelum benar-benar ingin membelinya.

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Instrinsik Saham

Anda juga bisa menetapkan kira-kira saham tersebut bisa dibeli ketika sudah mengalami penurunan. Begitu pula ketika berpotensi untuk dijual pada saat harganya tengah naik. Tahap ini dirasa sangat penting agar penerapan strategi average down dapat dilakukan sesuai dengan keinginan investor.

Memastikan Harga Tidak Jatuh Terlalu Banyak dan Mampu Naik Kembali

Dengan Anda memastikan bahwa suatu saham memiliki harga yang tidak begitu jatuh terlalu banyak maka hal ini penting demi meminimalkan adanya kerugian dalam jumlah tinggi. Artinya, potensi keuntungan juga kian bertambah. Sebaliknya, jangan memilih strategi ini ketika harga turun drastis.

Selain itu, Anda juga akan mengalami kerugian dalam jumlah banyak ketika terus menerus melakukan pembelian dengan sistem average down. Hal ini memang sangat menggoda para investor pemula untuk membeli sekaligus. Namun sayangnya, langkah satu ini justru menjadi penyebab merugi.

Menentukan Jumlah Lot Maksimal dan Harga Minimal

Cara menghitung average down saham satu ini memiliki tujuan utama agar seorang investor mampu memberikan batasan dari pembelian saham yang dilakukan. Memang jika harganya terus menerus mengalami penurunan, Anda bisa melakukan pembelian dalam jumlah  banyak sekaligus tanpa memerlukan modal tinggi.

Namun perlu diingat kembali bahwa penurunan saham yang terjadi sangat rendah dan berlangsung cukup lama, justru menjadi penyebab kerugian paling sering terjadi. Jadi berikan saja patokan maksimal pembelian agar tidak tergoda membeli terlalu banyak.

Syarat Penting Average Down Saham Berjalan Lancar

cara average down

Sebenarnya average down sendiri bukan menjadi staregi utama yang bisa dilakukan secara sembarangan. Pasalnya seluruh investor perlu memperhatikan dirinya sendiri sekaligus kondisi pasar saham sebelum menentukan keputusan alih-alih mendapatkan keuntungan dalam jumlah banyak.

Baca Juga: Cara Menghitung Return Saham

Umumnya average down bisa dilakukan jika Anda benar-benar sudah yakin dengan saham yang sudah dipilih sebelumnya. Jangan pernah sekali-kali menggunakan strategi ini apabila sekedar coba-coba atau bahkan parahnya sama sekali tidak memiliki kemampuan analisa dalam metode perhitungan ini.

Anda bisa menggunakan strategi average down jika sudah berstatus sebagai investor jangka panjang. Biasanya siasat seperti ini mampu memberikan feedback positif ketika mereka benar-benar sudah memiliki banyak pengalaman. Selain itu, syarat lainnya yakni benar-benar mempunyai kas mumpuni.

Hal Penting Harus Diperhatikan dalam Strategi Average Down

Ketika Anda ingin menerapkan strategi average down dengan lebih lancar, maka pastikan untuk tidak berstatus investor baru atau belum memiliki banyak pengalaman. Pasalnya sebagai trader berjangka pendek masih kurang optimal mampu mendapatkan keuntungan atau bahkan mengurangi kerugian.

Selain itu, analisis fundamental pun juga menjadi langkah yang penting untuk dilakukan. Metode ini bertujuan demi memastikan bahwa badan usaha benar-benar memiliki kinerja keuangan bagus dan etos kerja professional.

Jika Anda memutuskan untuk mengoleksi saham, maka strategi saham dapat dilakukan secara berkala. Selanjutnya ketika fundamental sedang menunjukkan posisi yang buruk, maka jangan pernah melakukan pembelian kedua kalinya.

Kelebihan dan Kekurangan Strategi Average Down Saham

Strategi ini memiliki kelebihan utama yakni memudahkan investor untuk mendapatkan NAB rata-rata sekaligus dengan nilai return secara maksimal. Dapat digambarka, jika Anda membeli saham namun mempunyai harga lumayan miring maka margin of safety justru semakin besar.

Tidak bisa dipungkiri jika resiko mengalami kerugian memang semakin kecil. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa asumsi yang ada yakni menurunkan resiko kekeliruan keputusan dengan cara merendahkan harga beli.

Namun sama seperti metode yang lain, average down juga memiliki kekurangan. Ketika harga saham menunjukkan adanya penurunan atau bahkan sama sekali tidak mengalami peningkatan, maka resiko kerugian juga semakin besar dapat dialami.

Penutup

Itulah tadi beberapa hal penting yang dapat dilakukan dalam mempelajari bagaimana cara menghitung average down saham. Namun pastikan jika Anda sudah berstatus sebagai investor jangka panjang atau setidaknya memiliki pengalaman cukup untuk memilih strategi tersebut.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pemain saham lainnya dapat mengetahui beberapa hal yang telah saya jelaskan diatas tadi. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.