Cara Beli Saham Di IPOT

Bagi Anda yang sudah mulai familiar dengan aplikasi satu ini, tentu tertarik untuk mengetahui bagaimana cara beli saham di IPOT. Produk aplikasi asal Indo Premier Sekuritas ini dapat digunakan untuk bertransaksi saham.

Pertama-tama, Anda perlu mengenali terlebih dahulu apa itu IPOT sebelum mulai menggunakannya. Banyak orang yang masih belum mengetahuinya, menganggap jika aplikasi ini hanya sekedar aplikasi biasa yang tidak memiliki manfaat bagi penggunanya.

Tentu saja anggapan tersebut sangat keliru. Secara umum, IPOT merupakan platform yang dirancang khusus secara online dimana telah terintegrasi dan mampu memudahkan transaksi saham, exchange traded, reksa dana dan lainnya.

Nama IPOT sendiri adalah kepanjangan dari Indo Premier Online Technology. Dalam menggunakan IPOT, orang-orang akan dimanjakan dengan satu platform, akun dan juga bank pembayaran, maka pengguna bisa membeli tiga produk di atas.

IPOT kini telah mengalami transformasi menjadi super aplikasi investasi. Hal ini dikarenakan apk tersebut sudah menggabungkan semua platform transaksi dari Indo Premier ke dalam satu mobile dimana pengguna dapat mengunduhnya secara gratis.

Fitur Investasi Yang Ada Di IPOT

cara beli saham di ipot

Indo Premier yang meluncurkan IPOT menjadi jawaban dari kebutuhan transformasi dalam pengembangan bisnis khususnya nasabah yang ingin bertransaksi saham secara komprehensif. Anda pun bisa menggunakan berbagai fitur menarik selama jual beli dilakukan.

Baca Juga: Cara Bermain Saham Untuk Pemula

Dalam IPOT sendiri tersedia beberapa fitur yang menarik sehingga mampu memudahkan penggunanya ketika hendak berinvestasi. Instrumennya pun beragam mulai dari reksadana, ETF hingga saham. Berikut diantaranya:

List Saham

List saham berisikan daftar saham yang dapat Anda beli pada jam dagang tertentu. Pengguna pun juga bisa memperoleh informasi mengenai fundamental maupun teknikal pada saat transaksi jual beli saham dilakukan pengguna nya.

Tentu saja fitur seperti ini sangat penting untuk diketahui bagi seluruh pengguna. Coba bayangkan jika fitur seperti ini tidak tersedia, maka para pemain saham akan kebingungan ketika akan membeli saham yang ia inginkan.

Market

Fitur lainnya adalaha Market, fitur ini akan memudahkan para pengguna untuk melakukan stock screening pada satu saham. Selain itu juga memungkinkan para pengguna bisa melihat data statistik pasar secara real time.

Kemudahan ini membuat user akan lebih terbantu dalam hal menentukan keputusan saat akan membeli atau menjual saham pada aplikasi IPOT. Dengan fitur ini juga anda bisa menganalisa market saham mana yang sedang naik atau turun.

Live Trade

Fitur ini tidak hanya tersedia di IPOT saja melainkan semua aplikasi trading saham. Live Trade akan menunjukkan kepada pengguna semua transaksi yang sedang terjadi di seluruh dunia. Harapannya dengan tampilan tersebut mampu memberikan gambaran sebelum memperkirakan harga.

Adanya Live Trade dalam suatu aplikasi trading saham dianggap wajib dan harus ditampilkan secara jelas. Mengingat bahwa perdagangan saham di jam-jam tertentu perlu ditunjukkan dengan real time. Pasalnya setiap waktu yang berubah pun juga mempengaruhi pergeseran trafiknya.

Cara Beli Saham Di IPOT

cara beli saham ipo di ipot

IPOT kini bisa Anda gunakan untuk membeli saham layaknya aplikasi sejenisnya seperti IPOTULTIMA, IPOTSTOCK dan IPOTGO. Hanya saja memiliki tampilan yang lebih sederhana sehingga memudahkan pemula untuk menggunakannya. Berikut beberapa cara melakukan pembelian:

Memiliki Rekening Efek dan Akun Pribadi di Indo Premier

Cara beli saham di ipot pertama adalah dengan mempunyai rekening efek di Indopremier Sekuritas. Setelah itu, juga harus melakukan instalasi terlebih dahulu aplikasi IPOT di ponsel agar bisa login menggunakan pribadi sekaligus menikmati fitur menarik di dalamnya.

Baca Juga: Cara Beli Saham BCA Dengan Mudah

Beberapa pengguna biasanya masih merasa kebingungan karena daftar saham yang ditampilkan hanya sedikit. Namun Anda bisa mengeceknya kembali melalui menu Smart Search dengan klik kode saham atau emiten untuk mencarinya sendiri jika tidak ditemukan.

Mulai Pembelian Dengan Klik Buy

Setelah Anda mengetahui berapa kode sahamnya, maka nantinya akan dimunculkan informasi terbaru mengenai saham tersebut. Melalui IPOT, tampilannya menunjukkan mengenai grafik secara fundamental sehingga terlihat lebih ringkas dan canggih.

Anda hanya perlu klik menu Buy apabila sudah yakin dengan pilihan saham yang dituju. Pastikan untuk memasukkan lot pembelian sekaligus penawarannya. Jika ingin langsung mendapatkannya, maka lakukan pembelian di menu Harga Offer.

Indo Premier Sekuritas sebenarnya memiliki banyak aplikasi yang berbasis trading saham, seperti IPOTULTIMA dan IPOTSTOCK. Sementara IPOTGO bisa Anda gunakan dengan tampilan yang lebih sederhana sehingga cocok bagi trader pemula.

Berikut cara beli saham di ipot melalui aplikasinya langsung:

  1. Download dan lakukan instalasi aplikasi IPOTGO pada HP
  2. Buka aplikasi dan lakukan log in
  3. Pastikan sudah memiliki rekening efek di Indo Premier
  4. Klik pada menu Registrasi untuk memiliki akun saham
  5. Isikan semua data dengan benar
  6. Klik menu List Saham untuk mengecek daftar saham
  7. Klik pada kode saham di kolom pencarian untuk mencari saham
  8. Tentukan saham yang akan Anda beli
  9. Klik pada kode saham untuk mengecek informasi secara jelas
  10. Cek kembali grafik dan fundamental sebelum membelinya
  11. Klik pada tombol B di sebelah kanan untuk memulai membeli
  12. Tentukan jumlah lot dan harga sahamnya di menu Buy Order
  13. Pastikan detail transaksi di aplikasi trading
  14. Tekan pada tombol Submit Buy
  15. Klik pada menu Confirm Buy Order untuk pembelian
  16. Klik lagi pada menu Confirm Order
  17. Tunggu saat transaksi pembelian akan diproses
  18. Cek pada bagian Portofolio jika pembelian berhasil

Cara Membeli Saham IPO di IPOT

cara beli saham di ipot

Jenis saham lain yang mungkin bisa Anda beli di IPOT adalah IPO atau Initial Public Offering. Istilah ini merujuk pada saham perusahaan baru untuk melakukan penawaran secara perdana pada bursa sehingga mampu menarik perhatian para investor.

Ada beberapa tujuan dari berdiri nya perusahaan Go Public (IPO), seperti ingin mendapatkan tambahan modal untuk melakukan ekspansi, meningkatkan citra atau nama baik perusahaan dan melunasi semua hutang yang dilakukan perusahaan.

Berikut cara membeli saham IPO di IPOT :

  1. Pastikan sudah memiliki Rekening Dana Nasabah di Indo Premier Sekuritas
  2. Cek kembali resiko usaha dan prospectus saat investasi saham IPO
  3. Tandatangani surat kuasa yang sudah dikirim oleh Indo Premier lewat email
  4. Kemudian kirimkan surat kuasa yang sudah ditandatangani lewat email
  5. Lakukan login melalui situs resmi Indo Premier
  6. Masukkan username, PIN dan kata kunci
  7. Isikan formulir Book Building apabila memilih Fixed Allotment
  8. Isikan form pemesanan pembelian saham apabila memilih Pooling
  9. Isikan form dengan benar dan jelas
  10. Tekan pada menu Submit untuk mengirimnya
  11. Tunggu konfirmasi Indo Premier Sekuritas
  12. Lakukan penyetoran dana jika sudah menerima Trade Confirmation

Keunggulan Aplikasi IPOT

Setelah mengetahui cara beli saham di ipot Ada beberapa keunggulan yang akan dirasakan oleh pengguna IPOT ketika mulai bertransaksi saham. Pertama, adanya fitur chatting yang lengkap dan mampu menunjukkan tools serta indikator untuk mempermudah trader.

Selain itu, transaksi berapapun yang diterima pun bisa digunakan oleh nasabah. Mereka juga dapat mengakses fitur dari layar manapun. Keunggulan lainnya yakni tampilan berita secara akurat bersumber atas riset sehingga membantu pengguna ketika ingin mempertimbangkan keputusan.

Laporan transaksi pun dapat dilihat secara lengkap dan detail tanpa adanya batas waktu sedikitpun. Bahkan beberapa pengguna juga berkesempatan untuk melihat konten edukasi sehingga menambah ilmu dan pengetahuan mereka di bidang investasi saham online.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara beli saham di IPOT yang cukup mudah untuk Anda terapkan. Dengan beberapa keunggulan dari aplikasi tersebut tentunya menjadi alasan menarik bagi pemula akan menjadikannya sebagai pilihan apk trading online.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pemain saham lain nya dapat mengetahui hal ini juga dengan sangat mudah.

Leave a Comment