Cara Beli Saham BRI

Kini kegiatan menanam modal sudah sering dilakukan oleh seseorang terutama jika melakukannya di suatu perusahaan. Salah satunya yakni di PT Bank Rakyat Indonesia yang memiliki kode emiten bernama BBRI. Lantas bagaimana cara beli saham BRI?

Antusiasme warga dalam produk investasi saat ini memang semakin tinggi ditunjukkan dari banyaknya pemakaian aplikasi trading. Salah satu yang banyak dikoleksi adalah saham milik PT Bank Rakyat Indonesia dengan kode emiten BBRI tadi.

Salah satu sumber pun mengatakan bahwa saham BRI kini menjadi item yang paling banyak diminati oleh investor asing pada akhir September lalu. Hal ini dikarenakan nilai net buy-nya mampu mencapai angka Rp 385,1 miliar.

Sebelum cara beli saham BRI dilakukan, terlebih dahulu anda harus memiliki rekening saham atau Rekening Dana Investor (RDI). Langkah pertama untuk melakukannya ialah memilih perusahaan sekuritas terbaik sebagai perantara investasi nya.

Perlu dipahami terlebih dahulu, bahwa rekening saham berguna untuk membuka rekening pada perusahaan sekuritas. Selain itu juga akan digunakan menjadi data pribadi yang nantinya disampaikan ke KSEI. Sebagai pemiliknya, Anda bisa menyimpan sejumlah dana di dalamnya.

Sementara Rekening Dana Investor (RDI) merupakan rekening dari dana yang telah Anda tempatkan secara terpisah sehingga tidak menjadi satu dengan perusahaan efek. Kegunaannya adalah agar seseorang pun memilikinya sendiri sehingga memudahkan dalam penyelesaian transaksi

Persyaratan Membuka Rekening Saham Online

cara beli saham bri syariah

Sebelum masuk ke cara beli saham BRI, Ada beberapa persyaratan yang perlu Anda ikuti terlebih dahulu ketika hendak membuka rekening saham online di BRI. Harapannya agar semua langkah-langkah berikutnya dapat berjalan dengan mudah dan lancar.

Baca Juga: Cara Bermain Saham Untuk pemula

Beberapa syarat tersebut diantaranya

  • foto e-KTP
  • selfie memegang KTP
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Foto halaman depan rekening tabungan milik pribadi
  • Mengisi dengan lengkap pada formulir pembukaan rekening saham online
  • Menempelkan materai.

Berikutnya Anda hanya perlu mengikuti langkah membuka rekening saham online sesuai arahan dari perusahaan sekuritas. Langkah berikutnya yakni dilanjutkan dengan menyetor sejumlah dana sebagai setoran awal pada saham BRI.

Cara Beli Saham BRI Online

cara beli saham BRI

Bagi Anda yang sudah terkonfirmasi memiliki rekening saham online di BRI, maka pihak perusahaan sekuritas akan memberikan user ID, kata sandi dan juga nomor SID serta RDI. Keduanya akan digunakan untuk kepentingan transaksi jual beli saham kedepannya.

Berikut beberapa langkah mengenai cara beli saham BRI yang bisa anda lakukan secara online:

Cara Beli Saham BRI Di Danareksa Sekuritas

PT BRI Danareksa Sekuritas dianggap memiliki pengalaman paling banyak untuk menangani transaksi pasar modal baik sebagai financial advisor, broker hingga underwriter. Anda pun bisa memilikinya ketika ingin bertransaksi jual beli saham dengan mudah.

Adapun langkah-langkah nya sebagai berikut ini:

  1. Bukalah aplikasi trading saham D’ONE Next G di ponsel
  2. Masukkan user ID dan kata sandi
  3. Klik pada menu Login
  4. Klik pada menu Quotes
  5. Pilih opsi Detail Quotes
  6. Ketikkan kode saham dan nama perusahaan yang akan Anda tuju
  7. Klik pada menu Buy
  8. Masukkan harga dan jumlah lot yang Anda ingin
  9. Klik pada menu Buy
  10. Proses pembelian saham berhasil dilakukan

Cara Beli Saham BRI Di IPOT

Anda pun juga bisa membeli saham BRI secara online lewat platform berupa IPOT. Situs ini mampu menyediakan kenyamanan penggunanya dalam melakukan investasi saham. Menariknya ada banyak fitur menarik sekaligus teknologi tools guna mengatur return terbaik.

Berikut beberapa caranya:

  1. Bukalah aplikasi trading saham di IPOT pada ponsel Anda
  2. Klik pada menu Login
  3. Klik pada menu Simple Buy
  4. Masukkan kode emiten saham yang akan dibeli
  5. Klik pada harga saham yang Anda inginkan
  6. Tunggu antrian jika ingin harga beli yang lebih murah
  7. Klik pada harga saham di bagian Offer
  8. Isikan saja kolom dengan harga yang diinginkan agar lebih mudah
  9. Masukkan jumlah lot beli saham yang diinginkan
  10. Klik pada menu OK sebagai konfirmasi beli saham
  11. Pembelian saham berhasil dilakukan
  12. Cek kembali pada menu Order Buy
  13. Tunggu hingga muncul keterangan Done dan Average

Cara Beli Saham BRI Di MOST Mandiri Sekuritas

Tidak hanya menggunakan layanan asli milik BRI saja, Anda pun bisa membeli saham BRI Online lewat MOST sebagai perusahaan sekuritas milik Mandiri. Cara-caranya pun hampir sama sehingga cukup mudah untuk dipraktekkan.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Bukalah aplikasi trading saham di MOST Mandiri pada ponsel Anda
  2. Lakukan login dengan memasukkan user ID dan kata sandi
  3. Klik ikon garis tiga di bagian kanan atas
  4. Klik pada menu Order
  5. Silahkan masukkan kembali PIN yang sudah diverifikasi
  6. Klik pada menu Buy
  7. Pilihlah kode saham dengan menekan tanda search
  8. Masukkan kode saham emiten BBRI
  9. Isikan harga beli yang Anda inginkan
  10. Masukkan jumlah lot yang diinginkan
  11. Klik pada menu Buy
  12. Klik pada menu OK sebagai konfirmasi beli saham
  13. Pembelian saham berhasil dilakukan

Tips Jual Beli Saham BRI Online

Ketika Anda sudah benar-benar memiliki rekening dan bisa mengisikan deposit pada Rekening Dana Investor (RDI), maka sebagai pengguna pun dapat memulai membeli saham BRI. Perhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Pantau harga saham dengan memasukkan BBRI pada watchlist
  • Tentukan harga yang Anda inginkan
  • Pilih pada menu Buy dengan menggeser ke kiri
  • Cobalah untuk menawar harga dengan menyesuaikan perubahan harga
  • Tunggu sampai saham mengalami penurunan pada level yang diajukan

Keunggulan Beli Saham BRI

keunggulan saham BRI

Investasi saham saat ini memang sedang hangat di berbagai kalangan termasuk juga para anak muda. Anda pun tidak hanya bisa membelinya dari bank konvensional melainkan juga Syariah. Tentu saja beberapa keunggulannya menjadi alasan mengapa banyak orang memilih untuk mengenalnya.

Berfokus pada UMKM

UMKM di Indonesia saat ini memang sedang berkembang sehingga dikenal membutuhkan banyak modal untuk mengembangkannya. Tidak heran jika potensinya pun sangat tinggi saat benar-benar dikembangkan. Terutama jika memiliki dana yang cukup guna membesarkannya.

Hal ini pun menjadi keunggulan dari BBRI dimana saham BRI kini difokuskan pada UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Mengingat bahwa lingkup bisnis ini mempunyai perkembangan yang sangat pesat di saat ini. Tidak heran jika potensinya pun mampu terbaca dengan baik oleh BBRI.

Menerapkan Digital Transformation

BRI saat ini memang tengah mengembangkan layanannya secara digital sehingga menunjukkan bahwa perkembangannya tertuju kepada kalangan milenial. Begitupun pada penggunaan saham BRI secara online menjadi salah satu bentuknya.

Dengan begitu, digital transformation oleh BRI ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi sumber pertumbuhan khususnya bagi pertumbuhan bisnis yang masih baru. Terlebih di era digital saat ini, perkembangan teknologi sangat berkembang pesat di masyarakat.

Mempunyai Customer Base Cukup Luas

Tidak dapat dipungkiri bahwa BRI kini sudah memiliki customer base yang cukup luas di Indonesia. Dengan perkembangan tersebut, akhirnya membuat perusahaan finansial ini mampu memperoleh permodalan kuat hingga network paling luas

Hal ini juga dibuktikan dengan jumlah jaringan kantor yang berjumlah 9.582 buah serta 222.000 e-channel dan juga 428 ribuan agen BRILink. Seluruhnya tersebar di seluruh Indonesia sehingga memudahkan akses bagi penggunanya.

Penutup

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai cara beli saham BRI dari berbagai platform sekaligus, baik online atau offline serta dengan keunggulannya. Nikmati apa saja kelebihan berinvestasi dalam BBRI tersebut terutama bagi kalangan anak muda.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pemain saham lain nya yang masih pemula dapat mengetahui hal ini dengan mudah.

Leave a Comment