8 Cara Menanam Kangkung Dengan Mudah Di Halaman Rumah

By | September 19, 2022

Takeprofit.id– 8 Cara Menanam Kangkung Dengan Mudah Di Halaman Rumah, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Kangkung adalah salah satu sayuran lezat dan favorit banyak orang. Tak heran jika sayuran ini sering menjadi menu di berbagai restoran. Ternyata, cara menanam kangkung di rumah tidaklah sulit, loh.

Tidak heran banyak orang mulai menanam kangkung di rumah. Tentu saja, Kangkung Buatan Sendiri pasti akan lebih enak, apalagi jika hasil pemetikan kangkung di pekarangan.

Lantas, bagaimana cara menanam kangkung di rumah?

1. Pilih biji kangkung berkualitas
2. Siapkan media tanam
3. Berikan pupuk yang cukup
4. Buat lubang untuk penanaman
5. Tanam benih dan beri makan campuran pupuk dengan tanah
6. Lakukan penyiraman secara teratur
7. Potong bagian kangkung yang rusak
8. Rawat secara teratur dan kangkung siap panen

Berikut 8 Cara Menanam Kangkung Dengan Mudah

Lantas, bagaimana cara menanam kangkung di rumah? Apakah anda tertarik? Jika demikian, lihat cara menanam kangkung di rumah di sini!

1. Pilih biji kangkung berkualitas

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menanam kangkung adalah memilih bibit tanaman yang berkualitas. Anda bisa mencarinya di berbagai toko perkebunan terdekat dan juga bisa membelinya melalui e-commerce terpercaya.

Selain menggunakan biji, Anda juga bisa melakukan stek dari tanaman kangkung lainnya.

2. Siapkan media tanam

Selanjutnya, tentukan tempat menanam kangkung. Ada dua cara menanam yang bisa anda lakukan, yaitu langsung di tanah dan menggunakan polybag atau pot yang cukup besar.

Namun, sebelum menanam kangkung, Anda harus memastikan tanahnya bebas dari gulma atau gulma. Kemudian, kendurkan tanah menggunakan sekop dan buatlah bedengan tanaman atau yang biasa dikenal dengan “bedengan.”

Beri jarak antara masing-masing bedengan kurang lebih 50 cm agar sistem penyiraman lebih baik.

3. Berikan pupuk yang cukup

Setelah media tanam siap, pastikan Anda menaburkan pupuk di atas bedengan yang telah Anda buat. Namun, jangan menanam kangkung segera setelah Anda menyuburkan media tanam.

Biarkan pupuk selama kurang lebih 3-5 hari agar media tanam lebih mudah menyerap unsur hara. Anda juga perlu memperhatikan tingkat pH di dalam tanah agar tidak terlalu asam dan mengganggu perkembangan kangkung.

Untuk menetralkan kadar pH pada media tanam, Anda bisa menambahkan kapur atau dolomit kira-kira satu ember kecil untuk satu karung pupuk.

4. Buat lubang untuk penanaman

Setelah menunggu 3-5 hari untuk penyerapan nutrisi pupuk oleh tanah, Anda perlu membuat lubang tanam untuk meletakkan benih kangkung. Buat lubang dengan kedalaman 5 cm dan atur jarak antar lubang sekitar 15 cm.

Anda juga bisa membuat lubang dengan Model zigzag agar saat kangkung tumbuh nanti tidak saling bertabrakan dan mengganggu pertumbuhannya.

5. Tanam benih dan beri makan campuran pupuk dengan tanah

Setelah membuat lubang, Anda bisa menaburkan 3-5 biji kangkung ke dalam lubang yang sudah dibuat. Siapkan campuran tanah dengan pupuk untuk menutup lubang agar kangkung bisa tumbuh lebih subur dan berkualitas.

Setelah itu, tutup lubang menggunakan campuran, tetapi jangan terlalu penuh.

6. Lakukan penyiraman secara teratur

Sebenarnya penanaman kangkung lebih baik dilakukan saat musim hujan agar media tanam selalu lembab.

Namun, tidak masalah jika Anda ingin menanamnya selama musim panas. Anda hanya perlu rutin menyiraminya setiap hari dengan air bersih agar kangkung bisa tumbuh subur.

7. Potong bagian kangkung yang rusak

Seiring berjalannya waktu, Anda akan melihat bibit kangkung mulai tersemai dan tumbuh daunnya. Namun, pastikan Anda memeriksa setiap bagian kangkung secara teratur, terutama pada bagian yang rusak.

Jika Anda menemukan bagian kangkung yang sudah tidak sehat, maka Anda perlu segera memangkasnya agar tidak menyebar ke bagian lain.

Dengan memangkas bagian yang rusak secara teratur, Anda dapat menjaga kangkung tetap sehat dan memberikan panen yang baik.

8. Rawat secara teratur dan kangkung siap panen

Tidak hanya memperhatikan inti kangkung, tetapi Anda juga perlu membersihkan area di sekitar tempat menanam sayuran yang satu ini. Pastikan area tersebut bersih dan terlindung dari gulma.

Selain itu, Anda juga harus secara teratur memberikan pupuk pada kangkung, terutama setelah 10 hari Anda menanamnya. Rawat dengan baik dan tunggu hingga 30 hari, sebelum waktu panen.

Cara menanam kangkung di atasnya sangat mudah, bukan? Jangan khawatir gagal. Karena jika Anda melakukan langkah-langkahnya dengan benar, pasti sayuran kangkung anda bisa tumbuh dengan sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *