Inilah 5 Perbedaan Emas Antam Dan UBS Yang Wajid Diketahui

By | September 10, 2022

Takeprofit.idInilah 5 Perbedaan Emas Antam Dan UBS Yang Wajid Diketahui. Berikut adalah penjelasannya secara lengkap dalam pembahasan kali ini.

Sebelum berinvestasi di logam mulia, Anda perlu mengetahui perbedaan antara emas Antam dan UBS. Sekarang, logam mulia menjadi instrumen investasi jangka panjang yang populer di masyarakat. Jenis investasi ini memiliki risiko rendah, likuiditas terjamin dan nilai atau harganya cenderung selalu naik setiap tahunnya. Logam mulia juga dapat memberikan pengembalian atau keuntungan yang optimal selama periode 5-10 tahun. Hal ini membuat instrumen investasi ini menjadi andalan komunitas investor.

Baca juga: Inilah 7 Ide Bisnis Yang Paling Bisa Menguntungkan di Tahun 2022

Menurut merek, emas batangan memiliki jenis yang berbeda, termasuk emas Antam, emas UBS, dan merek lainnya. Produk ini adalah merek berkualitas terkenal di Indonesia. Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa itu emas Antam?

Antam gold merupakan produk logam mulia yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Yang Melayani batangan emas dengan berbagai ukuran. Produk Antam juga menawarkan logam mulia berukuran kecil mulai dari 0,1 gram hingga 100 gram yang memungkinkan investor untuk mencetaknya dengan desain kartu emas yang menarik.

Apa itu UBS Gold?

UBS gold adalah produk logam mulia terkenal yang menyediakan batangan logam mulia yang diproduksi oleh PT untung bersama Sejahtera. UBS menawarkan produk dengan desain karakter lucu, seperti karakter Disney, Hello Kitty, dan karakter lucu lainnya. Selain mencetak batangan Logam Mulia, UBS juga menyediakan perhiasan dengan desain klasik dan unik melalui merek Venus dan Basic Shain.

Perbedaan antara ANTAM dan UBS Gold

1. Produsen

Sejak tahun 1986, emas Antam diproduksi oleh PT Aneka Tambang (PT Antam). Dalam hal ini, PT Antam telah melakukan kegiatan pengolahan logam mulia dan menawarkan berbagai produk yang menarik. Sementara itu, UBS gold merupakan produk Pt Untung bersama Sejahtera yang telah mengelola berbagai produk logam mulia dan perhiasan sejak tahun 1981. Perusahaan asal Surabaya ini memproduksi produk perhiasan dengan merek Venus dan Starshine.

2. Ukuran

PT Antam menawarkan produk logam mulia dengan berbagai ukuran. Mulai dari 0,1 gram, 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram hingga 10 gram. Selain itu, Antam juga menyediakan produk besar mulai dari 25 gram, 50 gram, hingga 1 kg. Di sisi lain, UBS menawarkan produk mulai dari ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram. 4 gram, hingga 10 gram. Untuk logam mulia besar, UBS menawarkan produk dengan ukuran 25 gram, 50 gram, hingga 100 gram. Berdasarkan penjelasan tersebut, Logam Mulia Antam memiliki ukuran yang bervariasi. Namun, investor dapat memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi Anda.

Baca juga: 7 Rekomendasi Investasi Jangka Pendek Yang Menjanjikan Keuntungan

3. Sertifikat Emas

Jika Anda membeli Logam Mulia Antam, Anda akan menerima sertifikat logam mulia dalam kemasan. Namun, ada versi sebelumnya dari ANTAM gold yang menyertakan sertifikat hologram terpisah dari kemasan produk. Sertifikat tersebut merupakan sertifikat internasional dari London Bullion Market Association (LBMA) sehingga investor dapat menjual produk Antam di negara manapun. Dalam sertifikat, ada deskripsi jenis, bentuk fisik logam mulia, kandungan karat, informasi tentang tahun produksi hingga cap khusus yang menunjukkan keaslian logam mulia.

Sementara itu, UBS hanya memberikan sertifikat nasional yang dibuat oleh perusahaan UBS sendiri sehingga cukup sulit untuk menjualnya ke luar negeri. Selain itu, pembelian emas UBS kecil di bawah 5 gram hanya mendapatkan sertifikat dalam bentuk kertas biasa yang melapisi produk logam mulia sehingga terlihat seperti produk kartu SIM. Namun, sertifikat produk UBS dengan berat lebih dari 5 gram adalah kertas holografik. Sertifikat hologram ada di bagian luar kemasan produk logam mulia sehingga pembeli dapat memegang kertas secara langsung.

4. Harga

Aset berharga ini memiliki harga yang cenderung berfluktuasi dalam jangka pendek karena pergerakan harga pasar yang dapat berubah. Nmaun, harga logam mulia menunjukkan kenaikan setiap tahunnya. Hal ini berlaku untuk emas Antam dan UBS, namun kedua produk ini memiliki harga yang berbeda. Berdasarkan situs resmi UBS, harga emas 0,1 gram per 24 Februari 2022 memiliki harga Rp 134.900, 00. Sementara itu, Harga Emas Antam berdasarkan aplikasi tanamduit per 24 Februari 2022, menunjukkan harga Rp92.758,00.

5. Tempat Pembelian

Seorang investor dapat membeli emas UBS di berbagai toko tradisional, toko online, pegadaian atau melalui situs web resmi UBS. Selain itu, pembeli dapat dengan mudah membeli produk Antam di Unit Bisnis Antam atau melalui toko online melalui marketplace atau berbagai aplikasi penyedia jasa investasi logam mulia.

Salah satu aplikasi yang menawarkan emas Antam adalah tanamduit. Anda dapat membeli emas digital atau kartu emas dengan desain menarik sesuka Anda dengan harga terjangkau! Ada produk like-like gold (PT ANTAM) mulai dari Rp10 ribu atau My Gold Collection (BIGGOLD) mulai dari 0,1 gram. Mari kita kenali perbedaan antara kedua produk melalui gambar berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *