5 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

By | September 9, 2022

Takeprofit.id– Inilah 5 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui. Yuk simak penjelasanya dalam pembahasan kali ini.

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa kandungan buah mengkudu (Noni fruit) merupakan bagian dari jenis famili kopi. Rasa buah ini tidak enak dan baunya sedikit tajam. Namun, ada banyak manfaat buah mengkudu untuk kesehatan, lho!

Kandungan nutrisi buah mengkudu adalah sebahgai manfaat buah yang dapat diperoleh dari konsumsi buah mengkudu tentu tidak lepas dari berbagai kandungan gizi di dalamnya. Dalam satu buah, buah mengkudu mengandung 90% air. Sedangkan 10% bagian kering terdiri dari serat, protein, dan gula.

Kandungan protein dan asam amino menempati sekitar 11,3% dari seluruh bagian kering. Selain itu, buah mengkudu mengandung mineral seperti kalsium, sulfur, kalium, magnesium, fosfor, dan selenium yang secara keseluruhan mencapai 10-12 persen.

Vitamin yang paling banyak terkandung dalam buah mengkudu adalah vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C.

Berbagai Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Di bawah ini adalah daftar berbagai manfaat buah mengkudu yang bisa anda dapatkan dari konsumsinya.

1. Bantuan Dengan Arthritis

Buah mengkudu telah digunakan sebagai obat tradisional selama lebih dari dua ribu tahun untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya adalah radang sendi.

Pasien dengan arthritis sering mengalami nyeri sendi ketika kondisi ini berulang. Jus buah mengkudu dipercaya dapat meredakan nyeri.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011, pemberian jus mengkudu setiap hari kepada pasien osteoartritis berhasil mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan nyeri.

Hasilnya dicapai setelah rutin minum jus buah mengkudu selama 90 hari. Beberapa peserta penelitian juga mengaku mengalami peningkatan kualitas hidup.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Satu lagi manfaat buah Mengkudu bagi kesehatan adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab, buah ini cukup tinggi kandungan vitamin C-nya.

Vitamin C sendiri dikenal sebagai salah satu asupan terbaik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh Anda. Sayangnya, tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin ini sendiri, sehingga asupannya harus diperoleh dari sumber lain.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Sirih Hijau Dan Merah Yang Wajib Diketahui

Vitamin ini bekerja dengan melindungi sel-sel Anda dari kerusakan radikal bebas dan racun lingkungan. Dengan demikian, risiko penyakit kronis Anda lebih rendah.

Kandungan skopoletin yang ada dalam buah mengkudu juga memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi, antijamur dan anti histamin yang meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

Sifat Anti bakteri buah mengkudu menunjukkan khasiat yang cukup kuat untuk melawan bakteri E. coli, Staphylococcus aureus, dan Proteus vulgaris.

Berapa banyak Vitamin C per hari yang perlu Anda penuhi?

Berapa Banyak Vitamin C Yang Anda Butuhkan Per Hari? Lihat Daftarnya!
Meskipun termasuk nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, vitamin C mudah larut dalam air dan dapat terbuang melalui urin. Artinya, orang yang tidak memenuhi kebutuhan vitamin C per hari berisiko mengalami kekurangan nutrisi ini. Jadi, berapa banyak vitamin C yang sebenarnya Anda butuhkan agar tubuh berfungsi normal? Di bawah ini adalah jawabannya. Kebutuhan vitamin C.

3. Membantu Menurunkan Kolesterol

Anda sudah tahu bahwa merokok bukanlah kebiasaan yang baik. Tidak hanya buruk bagi kesehatan organ pernapasan Anda, merokok juga dapat menyebabkan kadar kolesterol tubuh meningkat.

Konsumsi jus mengkudu bisa menjadi salah satu solusinya. Tim peneliti dari University of Illinois College of Medicine mengungkapkan bahwa minum jus mengkudu selama satu bulan dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL pada perokok berat.

Sayangnya, hasil penelitian ini belum dapat digeneralisasi untuk semua orang. Oleh karena itu, manfaat buah mengkudu yang satu ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

4. Menurunkan Gula Darah

Penelitian pada hewan telah menunjukkan hasil yang menjanjikan tentang manfaat buah mengkudu untuk mengontrol kadar gula darah. Para peneliti di Universitas Hindia Barat melakukan satu penelitian semacam itu.

Akibatnya, buah mengkudu memiliki sifat penurun gula darah. Penelitian ini melibatkan pemberian suplemen Noni Noni atau obat diabetes resep untuk tikus diabetes selama 20 hari untuk mempelajari efek gula darah.

Studi ini menemukan bahwa buah mengkudu juga efektif sebagai obat diabetes dalam menurunkan gula darah. Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine pada Oktober 2010.

5. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Berolahraga

Manfaat buah mengkudu ini adalah kabar baik bagi anda yang menyukai olahraga. Kemungkinan besar hal ini terjadi karena kandungan antioksidan pada buah mengkudu yang dapat mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasa terjadi saat berolahraga.

Bahkan sebuah penelitian pernah membuktikan, pemberian jus mengkudu dua kali sehari selama tiga minggu pada pelari berhasil meningkatkan kinerja lari sebesar 21 persen.

Penutup

Sekian pembahasan tentang 5 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui. Terimakasih sudah berkkunjung dan nantikan kembali informasi selanjutnya dari takeprofit.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *