Cara Menanam Bawang Merah Tanpa Bibit Dengan Mudah

By | September 8, 2022

Takeprifit.id– Hallo sobat, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan Cara Menanam Bawang Merah Tanpa Bibit Dengan Mudah. Berikut penjelasannya.

Bawang merah adalah bumbu masakan pokok dalam masakan berbumbu Indonesia. Bawang merah hampir selalu digunakan di setiap hidangan, berdampingan dengan bawang putih.

Mengetahui asalnya, bawang merah merupakan tanaman yang berasal dari wilayah Iran, Pakistan, dan pegunungan di dekatnya. Bawang merah kemudian menyebar ke seluruh dunia, baik ke daerah tropis maupun sub tropis. Salah satunya untuk Indonesia.

Tanaman bawang efektif di hampir semua bagian. Umbi, adalah bawang merah yang biasanya kita iris atau uleg menjadi bumbu. Daunnya, juga bisa diiris untuk disajikan sebagai hidangan penyedap seperti omelet atau omelet.

Jadi tidak ada salahnya jika Anda selalu memiliki tanaman bawang merah di rumah. Saat Anda membutuhkan umbi atau daun, Anda tidak perlu lari ke pasar tradisional.
Gunakan alat sederhana ini adalah cara praktis untuk menghemat bumbu dapur.

Inilah Cara Menanam Bawang Merah Tanpa Bibit

Ketika nanti Harga Bawang Merah kembali melonjak tinggi, Anda sudah memiliki banyak stok bawang merah di dapur. Untuk menanam bawang Anda sendiri tidak harus mulai dari biji, dan tidak harus memiliki halaman yang luas.

Berikut Cara Menanam Bawang secara praktis dan efisien:

1. Menyediakan bahan baku Anda hanya perlu menyediakan bawang tua, Tanah Kompos, dan wadah tanam seperti pot, polibag atau gelas air mineral. Pilih bawang merah yang berwarna ungu tua dan tanpa bintik hitam. Bintik-bintik hitam menunjukkan bahwa bawang telah terkena penyakit atau jamur. Ciri khas bawang merah tua juga lebih kering teksturnya, tidak terlalu basah.

2. Potong bawang Anda bisa menyimpan bawang sampai tumbuh batang daun di ujungnya, atau Anda mengambil bawang hitam tanpa daun dan memotong ujungnya. Ini bertujuan untuk membuat tunas terjadi lebih cepat.

3. Tempatkan dalam pot tempatkan beberapa siung bawang merah tua dalam pot atau polybag. Di halaman Gardeningknowhow, tanam bawang bombay dengan kedalaman sekitar 2,5 hingga 5 cm hingga bagian bawahnya tertutup tanah namun bagian atasnya tidak terlalu jauh dari permukaan tanah. Beri jarak yang cukup antara bawang merah satu sama lain. Jangan meletakkannya terlalu dekat bersama-sama.

4. Apakah penyiraman bawang membutuhkan banyak air. Jadi sirami tunas ini setiap pagi dan sore. Lebih baik menggunakan semprotan air untuk menghindari memberi terlalu banyak air. Jangan biarkan air merendam panci, karena akan membusuk Bawang.

5. Biarkan tumbuh subur bawang merah biasanya bisa dipanen setelah umur 60 sampai 90 hari. Atau setelah daun ada yang layu dan sedikit kering. Cara memanen bawang jika Anda hanya membutuhkan daun bawang, Anda tidak perlu menunggu hingga 90 hari. Potong daun setelah tumbuh tinggi.

Lihatlah foto ilustrasi bawang merah (Unsplash / Paul Madgas) tetapi untuk mendapatkan bawang merah matang, Anda harus bersabar selama dua hingga tiga bulan. Setelah panen, bawang merah harus dikeringkan terlebih dahulu dengan dijemur di bawah sinar matahari.

Hal ini untuk menghindari proses pembusukan dan agar bawang bisa lebih awet disimpan di dapur. Pengeringan itu sendiri bisa dilakukan satu sampai dua minggu. Atau sampai bawang sudah terlihat tidak terlalu basah.

Agar kaldu bawang Anda menjadi besar, Anda harus menanam bawang dalam beberapa wadah sekaligus. Taruh di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung karena bawang sensitif terhadap panas matahari. Tapi jangan juga menyimpannya di tempat yang gelap karena akan membuat bawang busuk, atau pucat tidak berwarna.

Penutup

Sekian pembahasan tentang informasi Cara Menanam Bawang Merah Tanpa Bibit Dengan Mudah. Terimakasih sudah menikuti dan berkunjung pada artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *