7 Manfaat Daun Sirih Hijau Dan Merah Yang Wajib Diketahui

By | October 24, 2022

Takeprofit.id7 Manfaat Daun Sirih Hijau Dan Merah Yang Wajib Diketahui, mari simak penjelasanya secara lengkap pada pembahasan kali ini.

Jika Anda mendengar kata Daun Sirih, pasti yang terlintas di benak Anda adalah daun yang sering dikunyah oleh orang tua.

Lalu, benarkah daun sirih hijau dan daun sirih merah Bermanfaat Bagi Kesehatan Gigi? Apa Saja Manfaat Daun Sirih lainnya bagi kesehatan yang mungkin belum anda ketahui? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Apa Itu Daun Sirih?

Daun sirih tergolong tanaman yang banyak mengandung air. Sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air. Itu sebabnya daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1% lemak.

Selain itu kandungan daun sirih lainnya adalah:

Protein: 3 persen per 100 gram.
Yodium: 3,4 mcg per 100 gram.
Natrium: 1,1-4,6% per 100 gram.
Vitamin A: 1,9-2,9 mg per 100 gram.
Vitamin B1: 13-70 mcg per 100 gram.
Vitamin B2: 1,9-30 mcg per 100 gram.
Asam nikotinat: 0,63-0,89 mg per 100 gram.

Manfaat daun sirih hijau dan daun sirih merah untuk kesehatan
Berikut ini semua manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan:

1. Menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2

Para peneliti melaporkan bahwa minum air rebusan daun sirih, atau daun sirih yang dikeringkan dan kemudian dihancurkan menjadi bubuk, dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru didiagnosis dengan diabetes tipe 2. Daun sirih juga melindungi kesehatan hati.

Manfaat Daun Sirih Untuk diabetes berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi yang dapat mengurangi stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh yang memicu ketidakseimbangan hormon insulin. Studi yang sama juga melaporkan bahwa daun sirih tidak memiliki efek samping yang perlu dikhawatirkan.

Meski begitu, bukan berarti Daun Sirih adalah satu-satunya pengobatan diabetes yang harus anda jalani. Jika Anda telah diresepkan obat diabetes, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengambil rebusan daun sirih untuk memastikan tidak ada risiko efek samping atau interaksi yang berbenturan dengan tindakan obat. Dauh sirih hanya digunakan sebagai pendamping pengobatan obat-obatan medis untuk mengontrol gejala, bersama dengan mengubah pola makan dan berolahraga dengan rajin.

2. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Seperti disebutkan di atas, daun sirih tinggi antioksidan. Di dalam tubuh, antioksidan eugenol bekerja melawan radikal bebas yang memicu stres oksidatif yang menyebabkan berbagai penyakit kronis. Salah satu manfaat daun sirih terkait hal ini adalah untuk menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL, lemak jahat dalam tubuh. Daun sirih juga dikenal untuk membantu mengurangi jumlah total lemak dalam darah.

Baca Juga: Inilah 7 Ide Bisnis Yang Paling Bisa Menguntungkan di Tahun 2022

Kolesterol tinggi dan trigliserida dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung. Sebaliknya, daun sirih merah dan daun sirih hijau bekerja untuk meningkatkan kolesterol baik dalam darah yang menjaga kesehatan jantung.

Untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi, Anda bisa mencoba merebus 3-4 daun sirih merah lebar dan minum air rebusan daun sirih dua kali sehari.

3. Penangkal kanker

Antioksidan eugenol yang terkandung dalam rebusan sirih hijau dan merah Dauh dapat membantu melawan radikal bebas yang memicu kanker pada penderita diabetes tipe 2.

4. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Manfaat lain dari daun sirih adalah untuk mempercepat penyembuhan luka, terutama luka bakar. Itu masih terkait dengan kandungan antioksidannya. Seseorang yang mengalami luka bakar juga mengalami stres oksidatif yang cukup tinggi di tubuhnya. Stres oksidatif akan menghambat proses penyembuhan luka.

Daun Sirih adalah antiseptik yang luar biasa, yang juga mampu memberikan perlindungan ganda dari infeksi kuman karena kandungan polifenolnya yang tinggi.

5. Membantu menurunkan depresi atau gangguan skizoafektif

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirih dapat membantu mengendalikan gejala depresi pada orang yang memilikinya. Satu studi melaporkan, mengunyah sirih dauh atau minum air rebusan daun sirih dapat memicu otak untuk memproduksi hormon serotonin lebih bahagia.

6. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang rentan terhadap pertumbuhan bakteri dari apa yang Anda makan. Mengunyah daun dan / atau berkumur dengan air rebusan daun sirih telah terbukti menghambat pertumbuhan bakteri mulut. Tidak hanya itu, daun sirih juga berguna untuk mencegah gigi berlubang dengan melawan asam yang dihasilkan oleh bakteri.

Mengunyah daun sirih dan biji pinang dapat memicu produksi air liur. Air liur mengandung berbagai jenis protein dan mineral yang baik untuk menjaga kekuatan gigi dan mencegah penyakit gusi. Selain itu, air liur juga membantu membersihkan gigi dan gusi dari sisa makanan atau kotoran yang menempel.

7. Menjaga saluran pencernaan

Daun sirih hijau dan daun sirih merah diketahui membantu meningkatkan produksi lendir yang melindungi kesehatan saluran cerna. Produksi lendir akan mencegah cedera pada dinding usus dan lambung yang dapat terjadi karena berbagai alasan.

Daun sirih sangat efektif dalam mengurangi sakit perut dan menghilangkan gejala GERD dan melindungi usus dari racun dan radikal bebas berbahaya. Manfaat Daun Sirih lainnya untuk kesehatan saluran cerna adalah menormalkan kadar pH lambung untuk meredakan maag, refluks asam lambung (asam lambung naik), dan nyeri akibat perut kembung.

Selain itu, daun sirih juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme saluran pencernaan agar bekerja lebih baik saat membuang semua bahan limbah dalam tubuh. Mengunyah daun sirih dapat meningkatkan produksi air liur yang dapat mengikat dan melembutkan makanan. Dengan begitu, anda bisa menelan dan mengirim makanan ke saluran pencernaan dengan lebih lancar. Hal ini tentu membantu memperlancar kerja sistem pencernaan Anda.

Ini berarti bahwa mengkonsumsi daun sirih dapat membantu Anda menghindari sembelit dan diare. Daun sirih juga merangsang usus untuk menyerap nutrisi dan mineral penting bagi kesehatan tubuh.

Penutup

Sekian pembahasan tentang informasi 7 Manfaat Daun Sirih Hijau Dan Merah Yang Wajib Diketahui. Terimakasih sudah berkunjung dan nantikan kembali informasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *